Damai, AS-Kuba Sepakat Kembali Buka Kedutaan

Rabu, 01 Juli 2015 - 19:03 WIB
Damai, AS-Kuba Sepakat Kembali Buka Kedutaan
Damai, AS-Kuba Sepakat Kembali Buka Kedutaan
A A A
WASHINGTON - Hubungan Amerika Serikat (AS) dan Kuba terus menerus membaik, setelah kedua negara memutuskan untuk kembali membangun hubungan diplomatik. AS dan Kuba sempat putus hubungan diplomatik selama kurang lebih setengah abad.

Sebagai bagian dari perbaikan hubungan diplomatik, kedua negara membahas mengenai pembukaan kembali kedutaan di kedua negara, AS di Havana dan Kuba di Washington. Setelah sempat terjadi kebuntuan, AS dan Kuba akhirnya telah mencapai kata sepakat dalam pembukaan kembali kedutaan tersebut.

Menurut keterangan seorang sumber diplomatik AS, seperti dilansir Sky News pada Rabu (1/7/2015), kesepakatan ini adalah hasil kerja keras yang dimulai oleh kedua negara sejak Desember 2014 lalu. Dirinya menyebut kesepakatan ini merupakan langkah bersejarah.

"Ini adalah langkah besar menuju berakhirnya dekade Perang Dingin, yang penuh dengan permusuhan," kata sumber tersebut dalam kondisi anonim. Sumber itu juga menyebut, kesepakatan ini merupakan "pelumas" bagi normalisasi hubungan kedua negara.

Keputusan perbaikan hubungan kedua negara sendiri pada awalnya terbilang mengejutkan. Pasalnya, AS dan Kuba diketahui sebagai rival besar di kawasan Amerika, dan bahkan AS sempat memasukan Kuba kedalam daftar hitam negara penyokong kegiatan terorisme.

Namun, setelah sepakat berdamai, AS langsung mencabut Kuba dari dalam daftar hitam tersebut. Ini juga dilakukan sebagai bentuk keseriusan AS yang ingin berdamai dengan negara yang dipimpin oleh keluarga Castro tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4208 seconds (0.1#10.140)