Presiden Kuba Sebut Sejumlah Demonstran Dibayar AS untuk Picu Kerusuhan

Senin, 12 Juli 2021 - 21:24 WIB
loading...
Presiden Kuba Sebut Sejumlah Demonstran Dibayar AS untuk Picu Kerusuhan
Diaz-Canel sebut beberapa dari mereka yang berpartisipasi dalam protes besar-besaran yang melanda Kuba dibayar oleh AS untuk memprovokasi kerusuhan. Foto/REUTERS
A A A
HAVANA - Beberapa dari mereka yang berpartisipasi dalam protes besar-besaran yang melanda Kuba dibayar oleh Amerika Serikat (AS) untuk memprovokasi kerusuhan. Hal itu diutarakan Presiden Kuba , Miguel Diaz-Canel.

"Ada sekelompok orang, yang disewa oleh pemerintah AS, dibayar secara tidak langsung melalui badan-badan pemerintah AS untuk mengorganisir demonstrasi semacam ini," ucapnya, seperti dilansir Sputnik pada Senin (12/7/2021).

Ribuan orang turun ke jalan dalam protes besar anti-rezim pemerintah komunis yang jarang terjadi diKuba. Massa yang frustasi dengan pandemi Covid-19 dan krisis ekonomi berteriak "jatuhkan kediktatoran” dan “kami menginginkan kebebasan".

Protes besar terjadi pada hari Minggu waktu setempat di San Antonio de los Banos, sebuah kota berpenduduk sekitar 50.000 orang di barat daya Havana. Ribuan demonstran yang didominasi kaum muda meneriakkan penghinaan terhadap Diaz-Canel.

Ribuan orang juga berkumpul di pusat kota Havana dan di sepanjang bagian jalan tepi pantai di tengah kehadiran polisi yang padat, sementara protes terjadi di kemudian hari di Palma Soriano, Santiago de Cuba.

Demonstrasi terjadi ketika Kuba mengalami fase terberatnya dari krisis virus corona, dan pada hari yang sama melaporkan rekor harian baru infeksi dan kematian.

Kemarahan sosial didorong oleh antrian makanan yang panjang dan kekurangan obat-obatan sejak dimulainya pandemi Covid-19, dengan Kuba masih menderita akibat sanksi AS.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1031 seconds (0.1#10.140)