Kissinger Ungkap Rencana Ukraina yang Diperbarui

Rabu, 18 Januari 2023 - 10:28 WIB
loading...
A A A
Pada Selasa, dia mengawali sambutannya dengan "kekaguman" untuk Presiden Ukraina Vladimir Zelensky dan "perilaku heroik rakyat Ukraina," sebelum mengusulkan kesepakatan damai yang pada dasarnya sama seperti tahun lalu.

"Sebelum perang ini, saya menentang keanggotaan Ukraina di NATO, karena saya khawatir itu akan memulai proses yang telah kita lihat," ujar Kissinger.

Dia menjelaskan, “Sekarang proses ini telah mencapai tingkat ini, gagasan tentang Ukraina yang netral dalam kondisi ini tidak lagi berarti.”

“Saya percaya keanggotaan Ukraina di NATO akan menjadi hasil yang tepat,” papar dia.

Dalam pandangan Kissinger, cara untuk mencegah eskalasi konflik adalah dengan melakukan apa yang telah dilakukan Kiev, AS, dan sekutunya sejauh ini: menuntut penarikan Rusia, sambil memberikan bantuan militer dan keuangan kepada Ukraina dan mempertahankan "sanksi dan tekanan lain" pada Moskow.

“Rusia harus diberi pembukaan untuk bergabung kembali dengan Barat, jika memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk berpartisipasi sebagai anggota dalam proses Eropa ini," ujar diplomat tua itu.

Dia menjelaskan, “Penting, untuk menghindari persepsi bahwa konflik telah menjadi melawan Rusia sendiri, yang dapat menyebabkan Rusia mengevaluasi kembali ketertarikan mereka pada budaya Eropa dan ketakutan akan dominasi oleh Eropa yang bersejarah.”

Kissinger juga mengatakan aliansi militer pimpinan AS harus menjadi penjamin penyelesaian perdamaian akhir “dalam bentuk apa pun yang dapat dikembangkan NATO.”

Sementara proposalnya menyanjung persepsi Barat bahwa Ukraina menang di medan perang dengan bantuan senjata NATO, Kissinger memilih mengabaikan Kiev dan Moskow.

Zelensky dengan tegas menolak gencatan senjata apa pun kecuali Rusia menyerah, sementara Kremlin mencatat kesepakatan apa pun harus mengakui bahwa Donetsk, Luhansk, Kherson, dan Zaporozhye adalah bagian dari Rusia, dengan Crimea sama sekali di luar meja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)