Kazakhstan Cabut Kekebalan Hukum Keluarga Mantan Presiden

Sabtu, 14 Januari 2023 - 07:32 WIB
loading...
Kazakhstan Cabut Kekebalan Hukum Keluarga Mantan Presiden
Kazakhstan cabut kekebalan hukum keluarga mantan presiden Nursultan Nazarbayev. Foto/The Atlantic
A A A
ASTANA - Parlemen Kazakhstan mencabut undang-undang yang memberikan kekebalan keluarga dekat mantan presiden Nursultan Nazarbayev dari penuntutan, dan mencabut statusnya sebagai pemimpin negara.

Nazarbayev (82) memimpin negara Asia Tengah yang kaya minyak itu antara 1989-2019, dan menciptakan kultus kepribadian selama tiga dekade kepemimpinannya. Dia awalnya mempertahankan kekuatan besar ketika dia mengundurkan diri dan menominasikan sekutu dekat Kassym-Jomart Tokayev sebagai penerus.

Namun kedua politisi itu tampaknya berselisih awal tahun lalu di tengah aksi protes keras di seluruh bekas republik Soviet itu yang menurut Tokayev adalah bagian dari percobaan kudeta. Sebanyak 238 orang tewas saat pengunjuk rasa, yang merebut dan membakar gedung-gedung pemerintah di beberapa kota, bentrok dengan aparat keamanan.



Tokayev kemudian mengambil alih posisi Nazarbayev sebagai kepala dewan keamanan yang kuat. Setelah kekerasan berakhir, ia mengawasi pemecatan sejumlah kerabat dan afiliasi Nazarbayev dari posisi senior di sektor publik.

Beberapa dari mereka, seperti keponakan Nazarbayev, Kairat Satybaldy, telah ditahan dan didakwa menggelapkan dana negara atau perusahaan yang dikendalikan negara.

Bagaimanapun, kerabat terdekat mantan presiden itu sampai sekarang menikmati kekebalan hukum berkat undang-undang yang juga memberinya gelar Yelbasy, atau pemimpin nasional, dan memberinya tunjangan serta keamanan dengan mengorbankan negara.



Mengutip "transformasi politik" yang diluncurkan oleh Tokayev dan didukung oleh reformasi konstitusional tahun lalu, anggota parlemen pada hari Jumat memilih untuk mencabut undang-undang tersebut, sebuah langkah yang akan memungkinkan negara, misalnya, untuk membekukan aset anggota keluarga Nazarbayev jika mereka dicurigai melakukan kejahatan seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (14/1/2023).

Nazarbayev sendiri, bagaimanapun, akan mempertahankan kekebalan terhadap penuntutan yang diatur oleh konstitusi.

Tiga putri mantan presiden itu memiliki berbagai bisnis dan salah satunya, Dinara Kulibayeva, secara konsisten masuk dalam peringkat majalah Forbes sebagai salah satu orang terkaya di Kazakhstan, bersama dengan suaminya Timur Kulibayev.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1295 seconds (0.1#10.140)