Eks Presiden Korsel Tersangka Suap Gara-gara Carikan Menantu Pekerjaan

Senin, 02 September 2024 - 13:20 WIB
loading...
Eks Presiden Korsel...
Mantan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in jadi tersangka kasus penyuapan gara-gara carikan menantunya pekerjaan selama dirinya menjabat presiden. Foto/Korea Times
A A A
SEOUL - Mantan Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in ditetapkan sebagai tersangka kasus penyuapan.

Moon diduga telah membantu menantu laki-lakinya mendapatkan pekerjaan sebagai eksekutif penerbangan lokal. Menurut laporan media lokal, posisi itu diberikan sebagai imbalan atas bantuan yang diberikan Moon—selama menjabat presiden—kepada pendiri perusahaan penerbangan tersebut.

Jaksa sedang mengintensifkan penyelidikan mereka terhadap tuduhan penyuapan yang melibatkan Moon Jae-in.

Sebagai bagian dari penyelidikan yang diintensifkan, jaksa menggerebek kediaman putri tunggal Moon, Moon Da-hye, untuk menilai sejauh mana dukungan finansial yang mungkin diberikan mantan presiden dan istrinya kepada keluarga putri mereka selama masa kepresidenannya.



Penggerebekan itu terjadi pada Jumat pekan lalu, dan surat perintah tersebut dilaporkan menyebut mantan Moon sebagai tersangka dalam penyelidikan penyuapan.

Moon Da-hye dan suaminya yang bermarga Seo telah berpisah. Dengan demikian status Seo sekarang adalah mantan menantu Moon Jae-in.

Ini menandai pertama kalinya Moon Da-hye terlibat langsung dalam penyelidikan yang sedang berlangsung, yang berpusat pada mantan suaminya, yang telah diangkat sebagai eksekutif Thai Eastar Jet pada tahun 2018 selama masa kepresidenan Moon.

Seo, yang bercerai dengan Moon Da-hye pada tahun 2021, telah diperiksa sebagai saksi tiga kali awal tahun ini.

Penyelidikan difokuskan pada kecurigaan bahwa pengangkatan Seo di maskapai berbiaya rendah, yang didirikan oleh mantan anggota Parlemen Lee Sang-jik, adalah sebagai imbalan atas bantuan yang diberikan kepada Lee.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1901 seconds (0.1#10.140)