Meksiko Mencekam usai Putra El Chapo Ditangkap: 29 Tewas, 3 Pesawat Ditembaki

Sabtu, 07 Januari 2023 - 09:19 WIB
loading...
A A A
"Pesawat militer harus melakukan pendaratan darurat setelah menerima sejumlah besar dampak," kata Sandoval.

Tidak ada korban luka akibat serangan terhadap tiga pesawat dan bandara Culiacan kembali beroperasi kemarin.

Hadiah Jutaan Dolar

Amerika Serikat telah mengeluarkan hadiah hingga USD5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan El Raton. Amerika menuduhnya sebagai pemain kunci dalam kartel Sinaloa yang didirikan oleh ayahnya.



Penangkapan itu terjadi ketika Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador bersiap untuk menyambut rekannya dari AS Joe Biden untuk pertemuan puncak para pemimpin Amerika Utara minggu depan di mana keamanan diharapkan menjadi agenda utama.

"Penahanan pengedar narkoba itu bukan prestasi yang tidak signifikan oleh otoritas Meksiko," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby, seperti dikutip Reuters, Sabtu (7/1/2023).

“Dan kami tentu berterima kasih untuk itu,” katanya, seraya menambahkan bahwa Amerika Serikat akan terus bekerja “sejajar” dengan Meksiko, terutama untuk mengatasi perdagangan fentanyl opioid sintetik yang kuat.

Meksiko membantah keterlibatan Amerika Serikat dalam operasi penangkapan El Raton.

“Kami bertindak secara mandiri, mandiri. Ya ada kerja sama dan akan terus ada, tapi kami membuat keputusan sebagai pemerintah yang berdaulat,” kata Lopez Obrador kepada wartawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0813 seconds (0.1#10.140)