Ukraina Minta Meksiko Tangkap Presiden Rusia Vladimir Putin

Jum'at, 09 Agustus 2024 - 08:17 WIB
loading...
Ukraina Minta Meksiko...
Ukraina meminta Meksiko menangkap Presiden Rusia Vladimir Putin berdasarkan surat perintah yang dikeluarkan ICC. Foto/Anadolu
A A A
KYIV - Ukraina telah meminta Meksiko untuk menangkap Presiden Rusia Vladimir Putin jika dia mengunjungi negara itu untuk pelantikan pemimpin barunya.

Negara Amerika Utara itu dilaporkan telah mengundang Putin untuk menghadiri upacara tersebut pada bulan Oktober.

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) telah mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk pemimpin Rusia tersebut pada tahun 2023 sehubungan dengan konflik di Ukraina.

Meksiko mengakui yurisdiksi ICC yang berkantor pusat di Den Haag tersebut, yang artinya berkewajiban menjalankan surat perintah penangkapan tersebut.



Dalam sebuah pernyataan, Kedutaan Besar Ukraina di Meksiko mengatakan bahwa mereka yakin bahwa pemerintah Meksiko akan mematuhi perintah ICC. "Dan menyerahkan tersangka kepada badan peradilan PBB," katanya, yang tampaknya merujuk pada Mahkamah Internasional (ICJ), seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (9/8/2024).

Surat kabar Izvestia melaporkan pada Rabu lalu bahwa Meksiko telah mengundang Putin ke pelantikan presiden terpilih Meksiko, Claudia Sheinbaum, pada 1 Oktober.

Putin akan memutuskan apakah akan hadir atau mengirim pejabat tinggi untuk mewakilinya, kata Kedutaan Besar Meksiko di Rusia kepada publikasi tersebut.

Kedutaan Besar Rusia di Meksiko mengonfirmasi bahwa mereka telah menerima undangan tersebut.

ICC telah mengambil beberapa langkah terhadap Rusia sejak pecahnya perang Ukraina, dengan mengeluarkan surat perintah penangkapan untuk pejabat pertahanan dan komandan militernya.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)