Ukraina Tekan Israel Ikut Barisan Pendukung Kiev

Jum'at, 06 Januari 2023 - 18:03 WIB
loading...
Ukraina Tekan Israel Ikut Barisan Pendukung Kiev
Penasihat utama Presiden Ukraina, Mikhail Podoliak. Foto/Reuters
A A A
KIEV - Penasihat utama Presiden Ukraina , Mikhail Podoliak, blak-blakan bereaksi terhadap pernyataan Eli Cohen, Menteri Luar Negeri baru Israel . Ia mendesak Israel untuk secara terang-terangan memihak Kiev dalam konflik dengan Moskow.

Itu dilakukan setelah Menteri Luar Negeri Israel yang baru mengatakan dia akan "lebih sedikit berbicara" tentang konflik tersebut dan melakukan panggilan telepon dengan mitranya dari Rusia, Sergey Lavrov.

“Anda dapat berbicara lebih sedikit, tetapi hal utama adalah mengambil sisi yang benar,” kata Podoliak kepada outlet Israel i24 seperti dikutip dari Russia Today, Jumat (6/1/2023).

Ia bersikeras bahwa Rusia memulai perang atas inisiatifnya sendiri dan tanpa provokasi.

“Kita perlu banyak bicara tentang perang semacam ini, karena ini adalah perang genosida,” ucap Podoliak.

Sebelumnya, Cohen pada hari Selasa mengatakan bahwa negara Yahudi bermaksud untuk terus mengirim bantuan kemanusiaan yang signifikan ke Ukraina tetapi lebih sedikit berbicara di depan umum tentang masalah Rusia-Ukraina.



Duta Besar Ukraina di Tel Aviv, Evgeny Korniychuk, dengan cepat mengeluh tentang perubahan yang dirasakan dalam kebijakan Israel, menunjukkan bahwa Cohen menerima telepon dari Lavrov sementara pendahulunya menolak untuk melakukannya.

“Israel unik dalam hal kemitraan dengan kami. Tetap diam,” katanya kepada media lokal, meminta kecaman langsung atas dugaan tindakan Rusia.

Podoliak mengambil taktik yang berbeda dari sang duta besar, melengkapi Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sebagai perantara potensial dalam pembicaraan damai antara Ukraina dan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)