3 Negara Mayoritas Muslim yang Dulunya Pernah Jadi Negeri Komunis

Kamis, 05 Januari 2023 - 19:54 WIB
loading...
3 Negara Mayoritas Muslim yang Dulunya Pernah Jadi Negeri Komunis
Ada sejumlah negara mayoritas Muslim yang dulunya pernah jadi negara komunis. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Sejarah mencatat bahwa terdapat sejumlah negara mayoritas muslim yang dulunya pernah mendapat pengaruh besar dari komunis.

Dalam riwayatnya, komunisme menjadi salah satu ideologi yang cukup berpengaruh di dunia. Adapun sebagian besarnya tak lepas dari pengaruh besar yang dimiliki Uni Soviet pada eranya.

Tercatat, Uni Soviet yang kala itu masih eksis kerap menyebar pengaruh ke negara-negara lain. Akan tetapi hal tersebut pada perkembangannya berangsur-angsur pudar pasca keruntuhannya.

Berikut negara mayoritas muslim yang dulunya pernah jadi negeri komunis.

1. Afghanistan

Afghanistan merupakan sebuah negara yang terletak di persimpangan antara Asia Tengah dan Asia Selatan. Negara ini berbatasan dengan Pakistan di timur dan selatan, Iran di barat, Turkmenistan di barat laut, serta Tajikistan di timur laut.

Dalam sejarahnya, Afghanistan pernah menjadi negara komunis setelah dipimpin oleh rezim yang pro Uni Soviet. Mengutip laman Communist Crimes, sejatinya mereka tidak tersentuh oleh Perang Dunia II.

Sayangnya, terjadi konflik internal yang disebabkan perpecahan suku serta campur tangan asing di negaranya. Pada akhirnya, kudeta sayap kiri di tahun 1978 terjadi dan memunculkan rezim komunis yangs setia Uni Soviet.

Dikutip dari laman PBS, kudeta komunis terjadi di Afghanistan. Nur Mohammad Taraki yang menjadi salah satu pendiri Partai Komunis Afghanistan mengambil kendali negara.

Tak sendiri, dia menunjuk Babrak Karmal sebagai Wakil Perdana Menteri. Pada akhirnya, mereka memproklamirkan sebuah pemerintahan baru dan mengklaim bebas pengaruh Soviet.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1300 seconds (0.1#10.140)