Ribut Ben-Gvir ke Temple Mount Yerusalem, Mengapa Situs Ini Penting bagi Yahudi, Kristen, dan Islam?

Kamis, 05 Januari 2023 - 09:41 WIB
loading...
A A A
Kementerian Luar Negeri Yordania di Amman memanggil duta besar Israel Eitan Sorkis untuk menyampaikan protes keras.

Rabi Abraham Cooper, wakil dekan dari organisasi hak asasi manusia Yahudi yang berbasis di Los Angeles, Simon Wiesenthal Center, mengatakan kepada Fox News Digital: "Yordania adalah negara terakhir di dunia yang menguliahi Israel. Yordania menghancurkan kehidupan Yahudi di Kota Tua di 1948."

Yordania menguasai Kota Tua di Yerusalem dari tahun 1948 hingga 1967. Cooper mencatat bahwa Yordania melarang orang Yahudi selama 19 tahun untuk berdoa di Tembok Barat."Itu adalah puncak kemunafikan bagi Yordania untuk menyerang Israel," katanya.

Hamas, organisasi perlawanan Palestina di Gaza, memperingatkan kelanjutan dari perilaku Ben-Gvir akan membawa semua pihak lebih dekat ke bentrokan besar.

Hamas mengancam akan melakukan "perang agama" melawan Israel pada September 2022, setelah para aktivis Yahudi mengunjungi Temple Mount.

Rabi Yishai Fleisher, penasihat Ben-Gvir, mengatakan kepada Fox News Digital; "Kebebasan untuk berdoa di tempat suci adalah hak asasi manusia—dan itulah sebabnya Menteri Ben-Gvir mengunjungi Temple Mount hari ini. Fakta bahwa orang Yahudi dilarang dari berdoa atau dikutuk untuk naik adalah rasis dan diskriminatif. Pemerintah ini telah menunjukkan hari ini bahwa ia tidak akan disandera oleh ancaman teroris—dan akan mempromosikan nilai-nilai kebebasan beragama dan kebebasan berekspresi untuk semua."

Organisasi Israel Beyadenu mendokumentasikan kunjungan pada tahun 2022 yang mencakup sebanyak 51.483 orang Yahudi ke situs tersebut. Beyadenu mengatakan pada tahun 2021 bahwa 34.651 orang Yahudi juga mengunjungi Temple Mount.

"Seharusnya tidak ada diskriminasi terhadap orang Yahudi yang mengunjungi Temple Mount. Pada akhirnya, kunjungan bukanlah doa massal, jadi tidak dapat dikatakan bahwa mereka merusak status-quo," kata Matan Peleg, CEO Im Tirtzu kepada Fox Berita Digital.

"Setelah 150 tahun konflik, inilah saatnya bagi orang Arab untuk menunjukkan kedewasaan dan tanggung jawab serta menghentikan hasutan rasis mereka, yang secara historis hanya merugikan mereka," ujarnya.

Israel tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Kerajaan Arab Saudi, tetapi Netanyahu telah menjadikannya sebagai tujuan utama untuk menormalisasi hubungan dengan Riyadh. Arab Saudi mengecam kunjungan Ben-Gvir sebagai "praktik provokatif" dan mengatakan tindakannya sama dengan "menyerbu" halaman Masjid Al-Aqsa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)