Penasihat WHO Serukan China Serahkan Data Realistis Covid-19

Selasa, 03 Januari 2023 - 23:24 WIB
loading...
Penasihat WHO Serukan China Serahkan Data Realistis Covid-19
Penasihat WHO serukan China serahkan data realistis Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
JENEWA - Ilmuwan terkemuka yang menasihati Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan mereka menginginkan "gambaran yang lebih realistis" tentang situasi Covid-19 dari para ahli top China . Permintaan itu disampaikan pada pertemuan penting WHO pada Selasa (3/1/2023) di tengah kekhawatiran tentan penyebaran cepat virus tersebut.

WHO telah mengundang para ilmuwan China ke pertemuan tertutup virtual dengan kelompok penasehat teknisnya tentang evolusi virus hari ini, untuk menyajikan data tentang varian mana yang beredar di negara tersebut. Pertemian itu tidak terbuka untuk umum atau media.

China mencabut langkah-langkah "nol-Covid" pada Desember 2022. Kasus Covid-19 sekarang melonjak, meskipun data resmi tidak merata.

"Kami ingin melihat gambaran yang lebih realistis tentang apa yang sebenarnya terjadi," kata Profesor Marion Koopmans, ahli virologi Belanda yang duduk di komite WHO seperti dikutip dari Channel News Asia.

Berbicara kepada Reuters menjelang pertemuan, dia mengatakan beberapa data dari China, seperti jumlah rawat inap, "tidak terlalu kredibel".



"Adalah kepentingan China sendiri untuk tampil dengan informasi yang lebih andal," imbuhnya.

Profesor Tulio de Oliveira, seorang ilmuwan Afrika Selatan yang juga duduk di komite dan timnya telah mendeteksi sejumlah varian baru, mengatakan "tentu saja" akan baik untuk mendapatkan lebih banyak informasi dari China, tetapi ini juga berlaku secara global.

Sejauh ini, data pengurutan dari China yang diberikan ke hub GISAID online menunjukkan varian yang beredar di sana merupakan cabang dari Omicron, sejalan dengan varian yang dominan di seluruh dunia.

Koopmans dan rekan-rekannya berharap untuk membahas informasi serupa pada pertemuan WHO pada hari ini, dengan para ilmuwan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)