alexametrics

Rusia Rampungkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 pada Manusia

loading...
Rusia Rampungkan Uji Klinis Vaksin Covid-19 pada Manusia
Rusia dilaporkan telah menyelesaikan uji klinis terhadap manusia vaksin Covid-19. Foto/REUTERS
A+ A-
MOSKOW - Rusia dilaporkan telah menyelesaikan uji klinis terhadap manusia vaksin Covid-19. Uji coba kepada sejumlah relawan tersebut tersebut dilakukan Sechenov First Moscow State Medical University.

Universitas itu diketahui memulai uji klinis vaksin yang diproduksi oleh Institut Epidemiologi dan Mikrobiologi Rusia pada 18 Juni lalu.

(Baca juga: Tambah 5 Orang, Total 1.168 WNI di Luar Negeri Positif Corona)

"Universitas Sechenov telah berhasil menyelesaikan tes pada sukarelawan dari vaksin pertama dunia melawan Covid-19. Kelompok sukarelawan pertama akan dikeluarkan pada hari Rabu dan yang kedua pada tanggal 20 Juli," kata Vadim Tarasov, direktur Institute for Translational Medicine and Biotechnology Universitas Sechenov.



"Universitas Sechenov dalam situasi pandemi bertindak tidak hanya sebagai lembaga pendidikan tetapi juga sebagai pusat penelitian ilmiah dan teknologi yang mampu berpartisipasi dalam penciptaan produk penting dan rumit seperti obat-obatan. Kami bekerja dengan vaksin ini, dimulai dengan studi praklinis dan pengembangan protokol, dan uji klinis sedang dilakukan," sambungnya.

Menurut Alexander Lukashev, direktur Institute of Medical Parasitology, Tropical, and Vector-Borne Diseases di Universitas Sechenov, tujuan dari tahap penelitian ini adalah untuk menunjukkan keamanan vaksin pada manusia, yang berhasil dilakukan.



(Baca juga: Ramai-Ramai Berebut Temukan Vaksin Corona)

"Keamanan vaksin telah dikonfirmasi. Ini sesuai dengan keamanan vaksin yang saat ini ada di pasaran," kata Lukashev dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (12/7/2020).
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak