Pertama dalam Sejarah Modern, Paus Francis Akan Pimpin Pemakaman Benediktus XVI

Minggu, 01 Januari 2023 - 08:43 WIB
loading...
Pertama dalam Sejarah Modern, Paus Francis Akan Pimpin Pemakaman Benediktus XVI
Paus Fransiskus akan memimpin pemakaman Benediktus XVI pada Kamis (5/1/2023). Foto/Euronews
A A A
VATICAN CITY - Untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, seorang paus yang tengah menjabat akan memimpin pemakaman pendahulunya minggu depan, dengan Paus Francis memimpin upacara "sederhana" untuk Benediktus XVI , yang meninggal pada hari Sabtu kemarin.

Paus Benediktus, paus pertama yang mengundurkan diri sejak Abad Pertengahan, telah meninggalkan tahta kepausan tetapi tetap tinggal di dalam Vatikan dan masih mengenakan pakaian putih.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni mengatakan kepada wartawan dalam sebuah pengarahan setelah kematian Benediktus XVI, Paus Fransiskus akan mengadakan pemakaman yang khusyuk tapi sederhana bagi pendahulunya itu pada Kamis (5/1/2023).

Pemakaman mantan paus itu akan berlangsung di Lapangan Santo Petrus, lapangan luas di depan basilika, pada Kamis pukul 09:30 pagi waktu setempat.

"Seperti yang diinginkan Paus Emeritus, pemakamannya akan sederhana," kata Bruni kepada wartawan seperti dikutip dari France 24, Minggu (1/1/2023).

Bruni mengatakan mantan paus itu pada hari yang sama menerima "pengurapan orang sakit", atau "ritual terakhir" seperti yang sering disebut, sebuah tradisi Katolik di mana jiwa seseorang dibersihkan dari dosa sebagai persiapan untuk kehidupan setelah kematian.

Itu dilakukan di akhir misa di rumahnya, di hadapan Memores Domini, empat wanita awam yang mirip biarawati, yang tinggal bersamanya.

Sementara itu dalam komentar publik pertamanya sejak kematian Benediktus XVI, Paus Fransiskus memberikan penghormatan kepada pendahulunya itu, menyebutnya sebagai seorang pria yang mulia dan baik hati yang merupakan hadiah bagi Gereja dan dunia.

“Dengan emosi kita mengingat orangnya, begitu mulia, begitu baik. Dan di dalam hati kita merasakan rasa terima kasih yang begitu besar, terima kasih kepada Tuhan karena telah memberinya hadiah kepada Gereja dan dunia,” kata Paus Fransiskus.



Fransiskus telah mengingatkan dunia akan kondisi kesehatan Benediktus pada hari Rabu, ketika dia meminta umat Katolik dunia untuk mendoakannya.

Dia kemudian mengunjunginya di biara Mater Ecclesiae di dalam taman Vatikan yang menjadi rumah Benediktus saat dia pensiun.

Kesehatan mantan paus yang tiba-tiba memburuk awal pekan ini telah memicu pertanyaan tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Kematian seorang paus Katolik Roma biasanya menggerakkan tradisi yang dihormati waktu, tetapi apakah seseorang yang telah melepaskan kepausan akan mendapatkan perlakuan kepausan?

Tidak seperti ketika paus sebelumnya telah meninggal, tidak perlu mengadakan konklaf untuk memilih paus baru, karena Paus Francis - yang dipilih untuk menggantikan Benediktus pada tahun 2013 - tetap memegang jabatan tersebut.

Di bawah aturan yang ditetapkan pada tahun 1996, seorang paus harus dimakamkan antara empat dan enam hari setelah kematiannya.

Bagaimana dan kapan dia dimakamkan biasanya diputuskan oleh para kardinal yang berkumpul dari seluruh dunia, dan yang juga mengatur sembilan hari berkabung Vatikan, yang dikenal sebagai novemdiales.

Mereka memutuskan karena kematian seorang paus secara tradisional menciptakan kekosongan kekuasaan di puncak gereja.

Namun, tidak ada kekosongan dalam kasus ini, karena Paus Francis yang bertanggung jawab.

Jenazah paus asal Jerman, yang terlahir dengan nama Joseph Ratzinger, akan berada di biara hingga Senin pagi.



Kemudian akan disemayamkan di Basilika Santo Petrus, di mana umat Katolik dapat memberikan penghormatan selama tiga hari.

Pada tahun 2005, jenazah Yohanes Paulus II, paus terakhir yang wafat, juga disemayamkan di hadapan misa pemakaman di Lapangan Santo Petrus yang dipimpin oleh Ratzinger, yang saat itu adalah seorang kardinal senior.

Diperkirakan satu juta orang hadir, bersama para kepala negara dari seluruh dunia.

Vatikan mengatakan delegasi resmi dari Italia dan negara asal mantan paus, Jerman, akan menghadiri pemakaman itu.

"(Setelah itu) peti mati Paus Emeritus Agung akan dibawa ke Basilika Santo Petrus, dan kemudian ke Gua Vatikan untuk dimakamkan," kata Vatikan.

Pada tahun 2020, laporan media mengatakan Benediktus telah memilih untuk dimakamkan di bekas makam Yohanes Paulus II, di ruang bawah tanah Santo Petrus.

Jenazah paus asal Polandia tercinta itu sendiri dipindahkan ke bagian atas basilika ketika dia dibeatifikasi pada tahun 2011. Dia dikukuhkan sebagai santo pada tahun 2014.

Secara tradisional, ketika seorang paus meninggal, "Cincin Nelayan"-nya - cincin meterai yang dibuat khusus untuk setiap paus baru yang pernah digunakan untuk menyegel dokumen - juga dihancurkan.

Ketika Benedictus meninggalkan kantornya, wajah cincinnya diukir dengan "X" agar tidak dapat digunakan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1783 seconds (0.1#10.140)