Kesehatan Paus Benediktus XVI Memburuk, Paus Fransiskus Minta Umat Kristen Berdoa

Rabu, 28 Desember 2022 - 23:20 WIB
loading...
Kesehatan Paus Benediktus XVI Memburuk, Paus Fransiskus Minta Umat Kristen Berdoa
Paus Fransiskus bertemu dengan Paus Benediktus, yang beberapa jam setelah dilaporkan kesehatannya memburuk. Foto/France 24
A A A
VATICAN CITY - Vatikan pada Rabu (28/12/2022) mengkonfirmasi bahwa kesehatan mantan Paus Benediktus XVI (95) telah memburuk dalam beberapa jam terakhir dan dia telah dikunjungi oleh Paus Fransiskus .

Beberapa jam setelah menjenguk Paus Benediktus, Paus Fransiskus mengatakan pendahulunya "sakit parah" dan meminta doa.

"Saya dapat memastikan bahwa dalam beberapa jam terakhir telah terjadi penurunan akibat bertambahnya usia. Situasi saat ini tetap terkendali, dipantau terus oleh dokter," kata juru bicara Vatikan Matteo Bruni dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari France 24.

Ini terjadi setelah Paus Fransiskus mengatakan dalam pengumuman mengejutkan dalam bahasa Italia di akhir audiensi umum mingguannya: "Saya ingin meminta doa khusus dari Anda semua untuk Paus Emeritus Benediktus, yang dalam keheningan, mendukung Gereja."

“Mari kita mengingatnya. Dia sangat sakit, meminta Tuhan untuk menghibur dan mendukungnya dalam kesaksian cinta untuk Gereja ini, sampai akhir,” kata Paus Fransiskus.



Hingga beberapa minggu lalu, mereka yang pernah melihat Paus Benediktus mengatakan tubuhnya sangat ringkih namun pikirannya masih tajam.

Salah satu foto Paus Benediktus terbaru yang diketahui diambil pada 1 Desember, ketika dia bertemu dengan para pemenang hadiah untuk para teolog yang dinamai menurut namanya. Dia duduk dan terlihat sangat lemah.

Sejak pengunduran dirinya, Benediktus tinggal di bekas biara di dalam taman Vatikan, bersama sekretarisnya, Uskup Agung Georg Ganswein, dan beberapa pembantu serta staf medis lainnya.

Benediktus mengumumkan niatnya untuk mengundurkan diri pada 11 Februari 2013, mengejutkan pertemuan para kardinal. Dia mengatakan dia tidak lagi memiliki kekuatan fisik dan mental untuk menjalankan Gereja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1251 seconds (0.1#10.140)