Covid-19 Kembali Mewabah, WHO Minta China Transparan

Sabtu, 31 Desember 2022 - 07:16 WIB
loading...
A A A
WHO mengatakan "dapat dimengerti" bahwa beberapa negara memberlakukan pembatasan baru pada orang yang bepergian dari China.

Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan pada hari Kamis bahwa diperlukan informasi yang lebih rinci untuk membuat penilaian risiko yang komprehensif terhadap situasi Covid-19 di China.



China mencabut sejumlah pembatasan Covid-19 setelah pecah aksi protes pada November lalu terhadap penguncian ketat di seluruh negara itu.

Sampai saat itu, China memiliki salah satu rezim anti-Covid terberat di dunia - yang dikenal sebagai kebijakan zero-Covid.

Langkah-langkah tersebut termasuk penguncian yang ketat meskipun hanya ditemukan beberapa kasus, pengujian massal di tempat-tempat di mana kasus dilaporkan, dan orang dengan Covid harus diisolasi di rumah atau dikarantina di fasilitas pemerintah.

Penguncian sekarang telah dihapus, dan aturan karantina telah dihapuskan. Orang-orang sekarang bebas bepergian ke luar negeri lagi.

Sejak saat itu kasus terus meningkat, dengan pemerintah China melaporkan sekitar 5.000 per hari. Tetapi para analis mengatakan jumlah seperti itu sangat tidak diperhitungkan - dan beban kasus harian mungkin mendekati satu juta.

Secara resmi hanya ada 13 kematian akibat Covid-19 sepanjang Desember, tetapi firma data kesehatan yang berbasis di Inggris Airfinity mengatakan pada Kamis bahwa sekitar 9.000 orang di China mungkin meninggal setiap hari akibat penyakit tersebut.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)