Kaleidoskop 2022: Pembunuhan Shinzo Abe dan Wafatnya Ratu Elizabeth II

Jum'at, 30 Desember 2022 - 10:04 WIB
loading...
A A A
Abe dimakamkan dengan upacara kenegaraan pada 27 September 2022 dan dihadiri oleh sejumlah kepala negara dan kepala pemerintahan.

Kabar duka pun kembali menghentak dunia internasional beberapa bulan kemudian. Kali ini datang dari Inggris.

Penguasa terlama Inggris, Ratu Elizabeth II mangkat pada 8 September 2022. Ia meninggal dalam usia 96 tahun di Katil Balmoral, Skotlandia setelah kondisi kesehatannya dilaporkan mengkhawatirkan.

Pada bulan Juni tahun ini, Ratu Elizabeth II baru saja merayakan Jubilee yang menandai tujuh dekade bertakhta. Dia semakin banyak menyerahkan tugas kepada ahli warisnya, Pangeran Charles yang kini telah menjadi Raja Charles III, dan anggota keluarga kerajaan lainnya.

Terlahir dengan nama Putri Elizabeth Alexandra Mary, perempuan kelahiran 21 April 1926 itu menjadi ratu Inggris pada 6 Februari 1952 dan dimahkotai pada 2 Juni 1953 dalam usia 25 tahun. Penobatannya sebagai Ratu Inggris dilakukan di Westminster Abbey.

Sebagai raja terlama dalam sejarah Inggris, Ratu Elizabeth II telah mencoba membuat pemerintahannya lebih modern dan sensitif terhadap perubahan publik sambil mempertahankan tradisi yang terkait dengan mahkota.

Ia telah memodernisasi monarki, menghilangkan beberapa formalitasnya dan membuat situs serta harta karun tertentu lebih mudah diakses oleh publik.

Kaleidoskop 2022: Pembunuhan Shinzo Abe dan Wafatnya Ratu Elizabeth II

Foto: CNN

Ratu Elizabeth II juga tetap teguh dalam menjalankan kewajiban kerajaannya saat dia melewati ulang tahunnya yang ke-90. Dia terus membuat lebih dari 400 keterlibatan per tahun, mempertahankan dukungannya terhadap ratusan organisasi dan program amal.

Namun, pada akhir tahun 2017 monarki mengambil apa yang dianggap sebagai langkah besar menuju transisi ke generasi berikutnya: Pada 12 November, Charles menangani tugas Minggu Peringatan tradisional menempatkan karangan bunga di peringatan perang Cenotaph, ketika ratu menyaksikan dari balkon terdekat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)