Karantina Covid-19 akan Dicabut, Warga China Bergegas Liburan Keluar Negeri

Selasa, 27 Desember 2022 - 19:00 WIB
loading...
A A A
"Perjalanan dari luar negeri ke China hanya bisa naik," ujar Mike Arnot, komentator industri penerbangan dan juru bicara perusahaan analitik penerbangan Cirium.

“Penerbangan ke China oleh maskapai besar dunia turun lebih dari 92% pada Desember dibandingkan Desember 2019,” ungkap Arnot.

“Operator termasuk British Airways, United Airlines Holdings dan Qantas Airways berhenti terbang ke China sepenuhnya selama pandemi dan akan membutuhkan waktu untuk membangun kembali jadwal mereka," papar Arnot.

Dia menjelaskan, “Maskapai penerbangan yang telah memulai kembali layanan ke Hong Kong harus mendapat manfaat dari faktor muatan yang lebih tinggi pada penerbangan mereka yang sudah ada ke kota itu, yang merupakan pusat utama untuk koneksi ke China.”

Pengumuman tersebut secara efektif menutup tirai pengujian massal rezim nol-Covid, penguncian ketat, dan karantina panjang yang telah mengguncang rantai pasokan dan menekan keterlibatan bisnis dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

“Pemandangan yang luar biasa ini sungguh melegakan,” ungkap Tom Simpson, direktur pelaksana China di China-Britain Business Council. “Ini mengakhiri gangguan yang sangat signifikan selama tiga tahun.”

“Peningkatan dalam misi perdagangan internasional sekarang diharapkan untuk tahun depan,” papar dia kepada AFP.

Dimulainya kembali operasi bisnis secara penuh kemungkinan akan “bertahap” karena maskapai perlahan-lahan membawa lebih banyak penerbangan online dan perusahaan mengubah strategi China mereka untuk tahun 2023.

“Meskipun demikian, pengumuman itu sangat, sangat disambut baik," papar Simpson.

Namun, tidak semua negara penerima membalas dengan perbatasan terbuka yang serupa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1734 seconds (0.1#10.140)