Putin Ungkap Ancaman terhadap Negara-negara Bekas Soviet

Selasa, 27 Desember 2022 - 15:04 WIB
loading...
Putin Ungkap Ancaman terhadap Negara-negara Bekas Soviet
Presiden Rusia Vladimir Putin dan para kepala negara CIS menghadiri pertemuan puncak informal Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) di St Petersburg, Rusia. Foto/Sputnik/Alexei Danichev
A A A
MOSKOW - Republik-republik pasca-Soviet menghadapi semakin banyak ancaman eksternal terhadap keamanan mereka. Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan hal itu pada pertemuan puncak informal para pemimpin Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS) di St Petersburg pada Senin (26/12/2022).

Putin menekankan, sementara para aktor regional terkadang memiliki pendapat yang berbeda, mereka siap bekerja sama untuk menyelesaikan perselisihan apa pun.

"Lingkaran persahabatan adalah bukti kesiapan anggota CIS untuk bekerja sama dalam semangat kemitraan strategis sejati, saling menguntungkan, dan menghormati kepentingan semua negara," papar Putin.

Putin menyoroti peran yang dimainkan CIS dalam mendukung keamanan dan stabilitas kawasan.

“Sayangnya, tantangan dan ancaman di bidang ini, terutama yang datang dari luar, semakin meningkat setiap tahunnya,” ujar dia.



Terhadap latar belakang ini, dia menambahkan badan intelijen CIS dan lembaga keamanan lainnya telah terlibat dalam "kontak dekat".

Putin memang mengakui anggota CIS terkadang berselisih. “Namun yang utama adalah kita siap dan mau bekerja sama. Bahkan jika ada masalah yang muncul, kita berusaha menyelesaikannya sendiri, bersama-sama, sambil saling memberikan bantuan dan mediasi yang bersahabat,” papar dia.

Menurut pemimpin Rusia itu, “Memperdalam kerja sama antara anggota CIS sejalan dengan kepentingan mendasar rakyat negara kita, karena membantu mengatasi masalah sosial dan ekonomi sambil berkontribusi pada keamanan regional.”

Putin juga menunjukkan anggota CIS sangat erat dalam hal budaya dan sejarah, dengan bahasa Rusia menjadi “kekuatan pemersatu yang kuat, menyatukan negara multinasional kita.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)