Agama Warga Negara Brunei Darussalam dan Persentasenya

Rabu, 21 Desember 2022 - 17:10 WIB
loading...
Agama Warga Negara Brunei Darussalam dan Persentasenya
Agama Warga Negara Brunei Darussalam dan Persentasenya. FOTO/Fotolia
A A A
JAKARTA - Brunei Darussalam merupakan negara kecil yang berada di wilayah Asia Tenggara . Negara ini diketahui termasuk ke dalam negara berpenduduk mayoritas muslim.

Dilansir dari mfa.gov.bn, pada tahun 2018 jumlah populasi yang berada di Brunei Darussalam sekitar 406.000 jiwa dan tumbuh rata rata 1,8% per tahun. Brunei Darussalam memiliki masyarakat multiras, terdiri dari 67% Melayu dan 15% Tionghoa. Ras lain seperti orang India, kelompok etnis asli, dan ekspatriat membentuk sisa populasi negara tersebut.



Untuk data terbaru yang dikeluarkan oleh state.gov, memperkirakan total populasi sebesar 464.000 jiwa pada pertengahan 2020 lalu. Menurut sensus yang dilaksanakan pada 2011 terdapat 78,8% penduduk beragama Islam, 8,7% memeluk agama Kristen, 7,8% Budha, dan sisanya 4,7 % terdiri dari agama lain termasuk kepercayaan adat.

Namun angka tersebut berubah setelah Brunei Darussalam mengungkapkan data statistik resmi terbaru pada tahun 2019. Terdapat 66% penduduk Brunei Darussalam yang memeluk Agama Islam. Kemudian terdapat 10% populasi yang menganut kepercayaan Tionghoa.

Kemudian terdapat 20% pemeluk Agama Kristen dan sisanya penganut ajaran Budha. Dalam presentase ini terdapat pula beberapa suku yang mendukung tingginya populasi suatu agama tersebut.



Misalnya seperti yang ada di Dusun, Bisaya, Murut, dan Iban, berjumlah sekitar empat persen dari populasi dan diperkirakan 50% Muslim. Disusul 15 % Kristen, dan sisanya penganut kelompok agama lain. Brunei Darussalam juga memiliki 20% populasi yang termasuk pekerja kelahiran asing, terutama dari negara tetangga seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Menurut data dari statistik tersebut sudah dapat dipastikan bahwa Brunei Darussalam memiliki populasi pemeluk agama muslim terbanyak. Kira kira terdapat lebih dari separuh penduduknya beragama Islam.

Islam memang telah resmi sebagai negara mayoritas di Brunei Darussalam sejak abad ke 14. Mereka juga telah membangun dan mengembangkan reputasi Islam yang kuat di negaranya. Tidak hanya itu, Brunei juga telah mempraktekkan toleransi beragama seperti yang dijamin oleh konstitusi.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2378 seconds (0.1#10.140)