Prancis Tarik Pulang Pasukan Terakhir dari Republik Afrika Tengah

Jum'at, 16 Desember 2022 - 05:00 WIB
loading...
Prancis Tarik Pulang Pasukan Terakhir dari Republik Afrika Tengah
Prancis Tarik Pulang Pasukan Terakhir dari Republik Afrika Tengah. FOTO/Reuters
A A A
ANKARA - Prancis menarik pasukan terakhirnya dari Republik Afrika Tengah (CAR). Hal itu diungkapkan Kementerian Pertahanan Prancis dalam sebuah pernyataan, Kamis (15/12/2022).

Sebanyak 130 tentara Prancis terakhir di CAR, sebagai bagian dari misi logistik, MISLOG, meninggalkan negara itu. Kementerian Pertahanan Prancis menekankan bahwa misi tersebut tidak lagi memiliki "alasan operasional apa pun".



"Kamp M'Poko diserahkan dengan benar kepada otoritas Afrika Tengah pada 13 Desember, secara transparan dan terus berhubungan dengan otoritas CAR,” sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Perancis, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Prosedur tersebut telah dikoordinasikan dengan dua misi internasional yang dikerahkan di kamp yang sama, MINUSCA dan EUTM-RCA, menurut kementerian Prancis.



Sebelumnya, Paris menangguhkan kerja sama militer dengan CAR pada 7 Juni 2021, menuduhnya memimpin kampanye anti-Prancis dan Paris mengumumkan penarikan pasukan terakhirnya di ibu kota, Bangui, sebelum akhir 2022.

Bangui mencopot jabatan dekan korps diplomatik di CAR pada November 2022, hak istimewa yang telah diberikan kepada Duta Besar Prancis sejak 1960.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2133 seconds (0.1#10.140)