Terungkap, Pasukan Khusus Ukraina Ada di Rusia Memandu Invasi Balik dengan Drone

Kamis, 08 Desember 2022 - 11:15 WIB
loading...
Terungkap, Pasukan Khusus Ukraina Ada di Rusia Memandu Invasi Balik dengan Drone
Pasukan khusus Ukraina dilaporkan berada di wilayah Rusia dan memandu invasi balik dengan drone pada hari Senin lalu. Foto/Maxar Technologies/Handout via REUTERS
A A A
KIEV - Pasukan khusus Ukraina berada jauh di dalam wilayah Rusia dan membantu mengarahkan invasi balik dengan drone pada Senin.

Invasi balik Kiev menargetkan dua pangkalan militer Rusia, di mana dua pesawat pengebom nuklir dilaporkan rusak akibat serangan.

Peran pasukan khusus Kiev itu diungkap seorang pejabat senior dari lingkaran dalam Presiden Volodymyr Zelensky. Dia berbicara dalam kondisi anonim kepada ABC News, Rabu (7/12/2022).

Amerika Serikat (AS), pendukung utama Kiev, tidak memiliki penilaian atas serangan pesawat tak berawak jauh di dalam wilayah Rusia—yang menurut orang dekat Zelensky adalah tanggung jawab militer Ukraina.



“Saya tidak ingin berspekulasi tentang apakah Ukraina bertanggung jawab atas serangan ini,” kata juru bicara Gedung Putih Karine Jean-Pierre kepada wartawan.

Jean-Pierre juga mengatakan kepada wartawan Rusia yang harus disalahkan atas konflik ini.

Menurut pejabat Barat, Rusia telah kehabisan drone buatan Iran. Rusia telah menggunakan drone yang mematikan, bersama dengan rudal, dalam gelombang pengeboman udara terhadap infrastruktur Ukraina selama beberapa minggu.

Tapi drone-drone itu tidak hadir dalam serangan Rusia baru-baru ini. Seorang pejabat barat mengatakan Rusia "mengantisipasi pasokan".

Mengingat serangan pesawat tak berawak Ukraina di pangkalan udara militer jauh di dalam wilayah Rusia, para pejabat Barat mengatakan Rusia sekarang akan menjalani "sejumlah besar pencarian jiwa" atas kemampuan mereka untuk mempertahankan aset militer yang signifikan jauh di dalam perbatasan Rusia.

Pejabat itu, yang mencirikan serangan itu sebagai "kegagalan keamanan yang mengerikan" mengatakan potensi militer Rusia secara konsisten dilebih-lebihkan oleh Barat.

"Saya tidak lagi menganggap orang Rusia setinggi sepuluh kaki," kata pejabat itu.



Sementara itu, serangan pesawat tak berawak yang ditargetkan pada hari Selasa di lapangan terbang Rusia di wilayah perbatasan Kursk, membakar tangki penyimpanan minyak.

Roman Starovoyt, gubernur wilayah Kursk yang berbatasan dengan Ukraina, mengatakan di aplikasi perpesanan Telegram bahwa tidak ada korban yang dilaporkan setelah serangan hari Selasa, menambahkan bahwa api itu "terlokalisasi".

Serangan itu terjadi satu hari setelah serangan terhadap dua lapangan udara militer jauh di dalam wilayah Rusia yang menewaskan tiga tentara dan melukai empat lainnya.

Rusia menyalahkan Ukraina atas serangan di lapangan terbang Dyagilevo di wilayah Ryazan dan lapangan terbang Engels di wilayah Saratov.

Wilayah Saratov setidaknya berjarak 600 km (370 mil) dari perbatasan Ukraina terdekat. Banyak komentator dan analis berpendapat bahwa ini berarti pasukan Ukraina mampu menyerang Moskow.

Kantor berita Reuters mengutip analis militer Ukraina Serhiy Zgurets yang mengatakan bahwa lapangan udara Dyagilevo dan Engels yang diserang pada hari Senin adalah satu-satunya fasilitas yang mampu melayani pesawat pengebom nuklir yang sepenuhnya digunakan untuk melancarkan serangan ke Ukraina.

Lapangan terbang Engels adalah rumah bagi beberapa pesawat pengebom strategis berkemampuan nuklir besar Rusia; Tu-95 dan Tu-160.

The New York Times mengutip seorang pejabat senior Ukraina yang tidak disebutkan namanya pada hari Senin yang mengkonfirmasikan bahwa Kiev menyerang dua pangkalan militer di dalam Rusia menggunakan pesawat nirawak.

Pemerintah Ukraina sebelumnya menolak untuk segera mengeklaim bertanggung jawab atas serangan terhadap Rusia atau pun wilayah Crimea.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2212 seconds (0.1#10.140)