Jika Diplomasi dengan Rusia Gagal, Obama Persenjatai Ukraina

Selasa, 10 Februari 2015 - 10:54 WIB
Jika Diplomasi dengan Rusia Gagal, Obama Persenjatai Ukraina
Jika Diplomasi dengan Rusia Gagal, Obama Persenjatai Ukraina
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, akhirnya angkat bicara soal sinyal AS akan mempersenjatai pasukan Ukraina. Obama menegaskan, AS akan mempersenjatai Ukraina jika diplomasi dengan Rusia gagal.

Komentar Obama itu muncul dalam konferensi pers dengan Kanselir Jerman, Angela Merkel, usai keduanya melakukan pertemuan di Gedung Putih. Ukraina sudah lama meminta bantuan senjata kepada AS setelah kewalahan menghadapi pasukan separatis pro-Rusia di Ukraina timur.

Merkeldan Presiden Prancis, Francois Hollande, telah mendorong semua pihak, terutama Ukraina dan Rusia untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina timur. Obama pun berpemikiran serupa. (Baca: Obama Galau, Persenjatai Ukraina tapi Berhadapan dengan Rusia)

“Kami terus mendorong resolusi diplomatik untuk masalah ini,” kata Obama.Tapi, Obama menegaskan opsi mengirim bantuan militer mematikan ke Ukraina tetap berada “di atas meja”.

”Memang benar bahwa jika pada kenyataannya diplomasi gagal, apa yang saya sudah meminta dari tim saya adalah melihat semua opsi,” ujar Obama. ”Kemungkinan senjata pertahanan mematikan adalah salah satu pilihan yang sedang dikaji,” lanjut Obama, seperti dilansir AP, Selasa (10/2/2015).

Namun, sampai saat ini Obama kembali menegaskan, bahwa pihaknya belum menyetujui rencana untuk memasok senjata mematikan kepada Ukraina. Selain berisiko berhadapan dengan Rusia, Obama khawatir bantuan senjata AS kepada Ukraina nantinya jatuh ke tangan orang yang salah.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3369 seconds (0.1#10.140)