Perbandingan Wagner Rusia dan Blackwater Amerika Serikat

Rabu, 25 Januari 2023 - 16:49 WIB
loading...
Perbandingan Wagner Rusia dan Blackwater Amerika Serikat
Personel Blackwater mengawal Paul Bremer, administrator sipil Amerika, setibanya di Ramadi, Irak, pada Maret 2004. Foto/Peter Andrews/REUTERS
A A A
MOSKOW - Wagner Group adalah perusahaan tentara bayaran Rusia. Kelompok ini disebut hanya bekerja untuk satu klien saja, yaitu Presiden Rusia Vladimir Putin.

Wagner dilaporkan dikendalikan oleh oligarki Rusia, Yevgeny Prigozhin. Diketahui, Yevgeny Prigozhin adalah sosok yang dekat dengan Putin. Wagner telah berekspansi ke Afrika hingga Timur Tengah.

Biasanya, pasukan Wagner digunakan untuk aksi pertempuran atau penyerangan. Aktivitas Wagner Group tidak terbatas di Ukraina.

Perbandingan Wagner Rusia dan Blackwater Amerika Serikat

Personel Wagner Group di lokasi yang dirahasiakan. Foto/ssu.gov.ua

Kelompok ini juga aktif di negara Afrika, seperti Libya, Sudan, Mozambi Mali, serta Republik Afrika Tengah. Diperkirakan terdapat 10.000 anggota Wagner.

Wagner juga melakukan pelatihan dan pembekalan yang telah dilakukan di Republik Afrika Tengah. Mereka pun melakukan pengamanan rezim di Mali.

Baca juga: Tak Hanya 1, AS Disebut Siap Kirim 50 Tank Abrams ke Ukraina

Wagner sering kali disebut pasukan bayangan Putin. Meski demikian, Rusia selalu menolak bertanggung jawab. Wagner didirikan pada 2014.

Misi terkenal yang dilakukan oleh Wagner adalah terkait pencaplokan Crimea dari Ukraina. Namun, Rusia secara resmi menyatakan kawasan tersebut bergabung setelah referendum.

Sementara, Blackwater adalah perusahaan tentara bayaran Amerika Serikat. Bahkan perusahaan swasta itu disebut sebagai terkuat di dunia.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2185 seconds (10.55#12.26)