Sadis! Korut Eksekusi 2 Remaja yang Terciduk Nonton Drakor Depan Umum

Selasa, 06 Desember 2022 - 20:01 WIB
loading...
Sadis! Korut Eksekusi 2 Remaja yang Terciduk Nonton Drakor Depan Umum
Dua remaja Korut dieksekusi depan umum karena menonton dan menyebarkan drakor. Foto/Ilustrasi
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) secara terbuka telah mengeksekusi 2 remaja oleh regu tembak karena menonton dan mendistribusikan film drama Korea Selatan (Korsel) atau drakor . Hal itu diungkapkan oleh dua sumber yang menyaksikannya kepada Radio Free Asia (RFA).

Sumber tersebut mengungkapkan pihak berwenang mengatakan kepada warga yang ketakutan, yang dipaksa untuk menonton, bahwa dugaan kejahatan yang dilakukan oleh kedua remaja, yang diperkirakan berusia 16 atau 17 tahun, sama-sama jahat.

“Mereka mengatakan, 'Mereka yang menonton atau mendistribusikan film dan drama Korea Selatan, dan mereka yang mengganggu ketertiban sosial dengan membunuh orang lain, tidak akan diampuni dan akan dihukum hukuman mati maksimum,'” kata penduduk kota Hyesan, di perbatasan dengan China, tempat eksekusi berlangsung, seperti dikutip dari RFA, Selasa (6/12/2022).

Penduduk tersebut mengatakan eksekusi dilakukan pada bulan Oktober di sebuah lapangan terbang di kota itu.

"Penduduk Hyesan berkumpul berkelompok di landasan," katanya. “Pihak berwenang menempatkan siswa remaja di depan umum, menghukum mati mereka, dan segera menembak mereka,” ungkapnya.

Menurut sumber di Hyesan, warga yang ketahuan menonton film asing akan dikirim ke pusat tenaga kerja disiplin. Jika mereka tertangkap lagi, mereka akan dikirim ke kamp kerja paksa pemasyarakatan selama lima tahun bersama orang tua mereka, yang harus bertanggung jawab karena dianggap mendidik anak-anak mereka dengan tidak benar.



"Tapi jika mereka ketahuan mendistribusikan atau menjual film Korea Selatan, mereka bisa menghadapi hukuman mati, meski mereka masih di bawah umur," imbuhnya.

Sumber itu mengatakan kedua remaja yang dieksekusi itu kedapatan mencoba menjual thumb drive berisi media selundupan di pasar lokal mereka. Pejabat menanam mata-mata di antara masyarakat yang kemudian akan melaporkan penjual ke polisi.

“Para siswa terjebak dalam jebakan kali ini,” katanya.

Berita eksekusi telah menyebar dan membuat orang ketakutan. Hal itu diungkapkan seroang penduduk provinsi tetangga, Hamgyong Utara, kepada RFA tanpa menyebut nama agar bisa berbicara dengan bebas.

“Meskipun ada kontrol intensif dan tindakan keras untuk memberantas pemikiran dan budaya reaksioner, anak muda masih tertangkap diam-diam menonton film Korea Selatan. Jadi sekarang pihak berwenang memulai teror melalui eksekusi publik,” kata sumber kedua.

Lembaga penegak hukum telah memerintahkan agar mereka yang dituduh memiliki atau mendistribusikan rekaman dan publikasi yang tidak murni … harus mendapatkan keadilan yang cepat,” imbuhnya.



"Kemungkinan eksekusi publik di masa depan sekarang lebih tinggi dari sebelumnya," tukasnya.

Eksekusi semacam itu jarang terjadi di Korut, tetapi bukannya tidak pernah terdengar. Pihak berwenang biasanya akan menggunakan eksekusi untuk menakut-nakuti orang agar berperilaku seperti yang mereka inginkan.

Eksekusi terjadi sekitar seminggu setelah pihak berwenang mengadakan pertemuan publik untuk memberi tahu publik bahwa mereka akan bersikap keras terhadap kejahatan yang melibatkan media asing, terutama dari Korsel yang lebih makmur dan demokratis.

Dalam beberapa tahun terakhir, film Korsel dan Barat serta musik dan acara TV, telah menyebar ke seluruh Korut melalui USB dan kartu SD yang mudah disembunyikan. Penyelundup membawa media ke negara itu dari China, dan kemudian didistribusikan dari orang ke orang.

Korut menjadi semakin khawatir tentang budaya Korsel – yang dipandang sebagai dekaden dan anti-revolusioner – menular ke para anak mudanya.

Beberapa laporan RFA selama beberapa tahun terakhir telah mendokumentasikan upaya pihak berwenang untuk memeranginya dengan secara acak menyita smartphone dan memberikan hukuman keras kepada pelanggar.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1846 seconds (0.1#10.140)