Kim Jong-un Perlu Lebih dari 5.000 Hulu Ledak Nuklir untuk Menyalip AS

Selasa, 29 November 2022 - 23:42 WIB
loading...
Kim Jong-un Perlu Lebih dari 5.000 Hulu Ledak Nuklir untuk Menyalip AS
Ingin Korut memiliki nuklir terkuat di dunia, Kim Jong-un perlu lebih dari 5.000 hulu ledak nuklir untuk menyalip AS. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Pemimpun Korea Utara (Korut) Kim Jong-un berjanji untuk membangun persenjataan nuklir "paling kuat di dunia." Janji itu dilontarkannya hanya beberapa minggu setelah melakukan uji coba beberapa rudal balistik jarak pendek dan rudal balistik antarbenua (ICBM).

Outlet media pemerintah Korut, KCNA, melaporkan ambisi pemimpin tersebut yang datang setelah uji coba penembakan rudal ICBM jenis baru yang disebut Hwasong-17 pada 18 November lalu yang dilaporkan mampu mencapai Amerika Serikat (AS).

The New York Times melaporkan bahwa sekitar 88 rudal balistik dan jelajah telah diluncurkan sebagai bagian dari 34 uji coba senjata Korut pada tahun ini, termasuk satu rudal awal bulan ini yang menghantam perairan sekitar 35 mil lepas pantai timur Korea Selatan (Korsel).

Aspirasi Kim Jong-un sendiri masih menyisakan banyak hal yang diinginkan.

Menurut perkiraan persediaan nuklir tahun 2021 yang disusun oleh Arms Control Association (ACA), lebih dari 90 persen perkiraan 13.080 hulu ledak nuklir dunia dimiliki oleh AS dan Rusia.

AS khususnya memiliki sekitar 5.550 hulu ledak, tertinggal sekitar 700 hulu ledak dari Rusia.

Sementara itu, Korut diperkirakan memiliki 40 hingga 50 hulu ledak di gudang senjatanya. ACA mengakui bahwa persediaan yang sebenarnya dari negara tertutup itu masih belum diketahui.

Jenny Town, anggota senior di Stimson Center dan direktur 38 North, mengatakan kepada Newsweek bahwa kata-kata pemimpin Korut itu ditujukan kepada khalayak domestiknya sendiri.

Baca: Kim Jong-un Ingin Korut Memiliki Nuklir Terkuat di Dunia

"Saya tidak akan menerimanya secara harfiah," katanya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2626 seconds (11.252#12.26)