Adu Pacu AS vs Rusia Kuasai Satelit Militer di Luar Angkasa

Senin, 13 Juli 2020 - 06:30 WIB
loading...
A A A
Negeri Yahudi ini diperkuat 8 armada satelit militer di langit dunia. Program satelit Israel di bawah naungan Badan Antariksa Israel, Sokhnut heKhalal haYisraeli. Satelit pertamanya, Ofeq-1 diluncurkan pada 19 September 1988, dari Palmachim Airbase di Israel. (LIhat grafis: Israel Dilaporkan Luncurkan Satelit Mata-mata Baru)

Sejak peluncuran satelit pertama itu, Israel telah berkembang menjadi pemain penting di arena ruang komersial. Salah satu satelit militer Israel adalah Ofeq (seri satelit pengintai) yang diluncurkan pada 19 September 1988.

6. India

Adu Pacu AS vs Rusia Kuasai Satelit Militer di Luar Angkasa


Satelit militerIndia saat ini berjumlah 7 satelit. Pada 2013, Organisasi Penelitian Ruang Angkasa India, ISRO meluncurkan satelit militer pertamanya yang dinamakan GSAT-7 dari lokasi peluncuran Kourou di Guyana Prancis. India merupakan pemain baru dalam urusan pengadaan satelit berharga jutaan USD.

Program satelit militer negeri ini berada di bawah nauangan Integrated Space Cell yakni sebuah lembaga pemerintah yang mengawasi keamanan sistem perangkat militer dan sipil berbasis ruang angkasa. (Baca juga: Cetak Sejarah, India Luncurkan 104 Satelit Dalam Sehari)

7. Inggris

Adu Pacu AS vs Rusia Kuasai Satelit Militer di Luar Angkasa


Armada militer Inggris di luar angkasa saat ini diperkuat sekitar 7 satelit militer. Program luar angkasa resmi pertama Inggris dimulai pada 1952. Pada 1959, program satelit pertama dimulai.

Skynet adalah proyek ruang angkasattunggal Inggris paling mahal, meskipun sebagai inisiatif militer itu bukan bagian dari program ruang angkasa sipil. Skynet adalah program murni militer, mengoperasikan satu set satelit atas nama Kementerian Pertahanan Inggris. Skynet juga menyediakan layanan komunikasi strategis untuk tiga cabang Angkatan Bersenjata Inggris dan pasukan NATO.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1015 seconds (0.1#10.140)