Kim Jong-un Ingin Korut Memiliki Nuklir Terkuat di Dunia

Minggu, 27 November 2022 - 16:40 WIB
loading...
Kim Jong-un Ingin Korut Memiliki Nuklir Terkuat di Dunia
Kim Jong-un Ingin Korut Memiliki Nuklir Terkuat di Dunia. FOTO/KCNA
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengatakan, tujuan utamanya adalah memiliki kekuatan nuklir paling kuat di dunia, menurut media pemerintah.

Jong-un membuat pengumuman pada Sabtu (26/11/2022), ketika ia mempromosikan lusinan perwira militer yang terlibat dalam peluncuran rudal balistik terbesar Korut baru-baru ini, Hwasong-17, Kantor Berita Pusat Korea (KCNA) melaporkan.



Dalam perintahnya, Jong-un mengatakan bahwa Korut sedang membangun kekuatan nuklir untuk melindungi martabat dan kedaulatan negara dan rakyatnya. Ia juga mengatakan bahwa “tujuan akhir negaranya adalah untuk memiliki kekuatan strategis paling kuat di dunia, kekuatan absolut yang belum pernah terjadi sebelumnya di dunia. abad".

Dia mengatakan Hwasong-17 – rudal balistik antarbenua (ICBM) yang mampu mencapai Amerika Serikat – adalah “senjata strategis terkuat di dunia” dan itu menunjukkan tekad dan kemampuan Korut, untuk akhirnya membangun tentara terkuat di dunia.

Peluncuran ICBM pada 18 November telah dikutuk oleh anggota Dewan Keamanan PBB, yang menyebutnya sebagai “eskalasi serius” dan “ancaman tegas terhadap perdamaian dan keamanan internasional”. Peluncuran tersebut merupakan bagian dari uji coba Korut yang sedang berlangsung tahun ini yang mencakup penembakan rudal jelajah serta puluhan rudal balistik jarak pendek dan menengah.



Jong-un mengatakan, para ilmuwan Korut telah membuat "lompatan maju yang luar biasa dalam pengembangan teknologi pemasangan hulu ledak nuklir pada rudal balistik". Kemampuan itu sangat penting jika Korea Utara ingin mencapai tujuannya memiliki senjata nuklir yang dapat menyerang musuh utamanya, AS.

Jong-un mengatakan kepada para ilmuwan, insinyur, pejabat militer, dan lainnya yang terlibat dalam uji coba Hwasong-17 pada hari Sabtu, bahwa ia mengharapkan mereka untuk terus memperluas dan memperkuat penangkal nuklir negara itu dengan kecepatan yang luar biasa cepat.

Pemimpin Korea Utara dan putrinya kemudian berpose untuk serangkaian foto dengan para pekerja itu serta Hwasong-17.



Dalam laporan terpisah, KCNA juga mengatakan Komite Tetap Majelis Rakyat Tertinggi Korut telah memberikan rudal Hwasong-17 gelar "Pahlawan DPRK dan Medali Bintang Emas dan Orde Bendera Nasional Kelas 1". DPRK mengacu pada nama resmi Korut, Republik Rakyat Demokratik Korea.

KCNA mengatakan rudal itu “dengan jelas membuktikan di depan dunia bahwa DPRK adalah kekuatan nuklir penuh yang mampu melawan supremasi nuklir imperialis AS dan sepenuhnya menunjukkan kekuatannya sebagai negara ICBM paling kuat”.

Tembakan uji juga menunjukkan bahwa Korea Utara akan bereaksi dengan cara yang sama terhadap “nuklear musuh dan konfrontasi frontal penuh,” tambahnya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)