Thailand Tawarkan Diri Jadi Pintu Gerbang Arab Saudi ke Pasar Asia

Sabtu, 19 November 2022 - 21:00 WIB
loading...
Thailand Tawarkan Diri Jadi Pintu Gerbang Arab Saudi ke Pasar Asia
Thailand Tawarkan Diri Jadi Pintu Gerbang Arab Saudi ke Pasar Asia. FOTO/Reuters
A A A
BANGKOK - Thailand ingin menjadi "pintu gerbang" Arab Saudi ke pasar Asia. Hal itu diungkapkan seorang pejabat tinggi yang terlibat dalam negosiasi perdagangan pada Jumat (18/11/2022), menyusul kedatangan Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS) di Bangkok sebagai tamu istimewa pemerintah Thailand.

Perjalanan satu hari pemimpin Saudi ke Thailand adalah momen bersejarah dalam hubungan Riyadh-Bangkok, yang terhenti pada 1980-an dan dipulihkan hanya awal tahun ini ketika Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha mengunjungi Arab Saudi atas undangan putra mahkota.

Baca: Unjuk Rasa Warnai KTT APEC di Thailand, Demonstran Ditembaki Peluru Karet

Banyak kesepakatan dan pertukaran resmi telah diikuti. Volume perdagangan antara kedua negara telah meningkat secara signifikan, dan lebih banyak lagi dalam agenda, karena mendapatkan kembali akses ke Arab Saudi selama bertahun-tahun telah menjadi prioritas bagi Thailand.

“Sejak normalisasi hubungan diplomatik pada Januari, nilai perdagangan, pertumbuhan, sekitar 50 persen plus,” kata Auramon Supthaweethum, direktur jenderal Departemen Perundingan Perdagangan, mengatakan kepada Arab News pada KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik di Bangkok.

Departemen perdagangan di bawah Kementerian Perdagangan Thailand memainkan peran kunci dalam mengatur pembicaraan perdagangan negara itu dengan pihak Saudi. Pihak berwenang Thailand juga berharap mereka akan mengizinkan peningkatan kehadiran di Timur Tengah.

Baca: Arab Saudi Danai 12 Proyek Pembangunan Indonesia Senilai Rp6,3 Triliun

“Arab Saudi dapat menjadi pintu gerbang bagi Thailand ke seluruh Timur Tengah,” kata Supthaweethum, seraya menambahkan bahwa Thailand dapat menawarkan hal yang sama dalam konteks Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara.

Harapan tinggi untuk hubungan yang baru dipulihkan, yang semakin didorong oleh fakta bahwa kunjungan putra mahkota bertepatan dengan KTT APEC, di mana ia mengadakan serangkaian pertemuan dengan para kepala negara dari 21 ekonomi Lingkar Pasifik.

“Saya melihatnya sangat positif. Perdana Menteri dan Putra Mahkota Arab Saudi mengunjungi Thailand pada saat yang penting ini,” kata Supthaweethum. Dia mengatakan ada juga potensi keterlibatan sektor swasta karena banyak perwakilan bisnis adalah bagian dari delegasi Saudi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2349 seconds (10.177#12.26)