Trump Kembali Maju Pilpres 2024, Ini Respons Tim Biden

Kamis, 17 November 2022 - 02:43 WIB
loading...
A A A
Biden, yang menjadi presiden AS tertua dan berusia 80 tahun pada hari Minggu, belum secara resmi mengumumkan apakah dia akan mencalonkan diri kembali. Sementara Trump berusia 76 tahun.

Menurut jajak pendapat Reuters/Ipsos kebanyakan warga Amerika ingin 75 tahun sebagai batas usia untuk mencalonkan diri sebagai presiden.

Pembantu senior Biden termasuk Anita Dunn telah mulai membuat sketsa rencana kepegawaian dan organisasi untuk kampanye pemilihan ulang Biden yang diharapkan, menurut seseorang yang diberi pengarahan tentang rencana tersebut.

"Harapannya adalah tim kampanye akan memiliki staf dan siap untuk pengumuman awal 2023 dari Biden dan berfungsi penuh pada musim semi," kata orang itu.

Biden pada bulan Maret ditanya oleh wartawan yang berkumpul di Brussels untuk pertemuan darurat di Ukraina apakah dia ingin mencalonkan diri lagi melawan Trump.

"Dalam pemilihan berikutnya, saya akan sangat beruntung jika ada orang yang sama yang melawan saya," jawab Biden kala itu.

Biden mengalahkan Trump dengan lebih dari 7 juta dalam penghitungan suara rakyat nasional dan dengan selisih 306 banding 232 di Electoral College negara bagian yang menentukan hasil pemilihan presiden.

Trump membuat pengumumannya kembali maju pilpres seminggu setelah pemilihan Kongres AS di mana partainya di bawah ekspektasi. Beberapa kandidat yang didukung Trump kalah dalam pemilihan DPR dan Senat dalam pemilu sela dan mereka yang menggemakan klaim palsunya tentang pemilu 2020 dikalahkan dalam kontes utama.



Partai Republik masih menunjuk siapa yang harus disalahkan atas kinerja buruk partai, dengan beberapa menyalahkan pengaruh Trump. Tetapi pengusaha yang beralih menjadi politisi itu tetap menjadi pilihan utama pemilih Partai Republik untuk pemilu 2024 dalam jajak pendapat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1227 seconds (0.1#10.140)