Tsai Ing-wen: Taiwan Harus 'Bersiap-siap' untuk Invasi

Rabu, 09 November 2022 - 19:41 WIB
loading...
A A A
Namun, bahkan dengan peningkatan dua digit dalam pengeluaran pertahanan, dan dengan AS mengizinkan penjualan senjata bernilai miliaran dolar ke Taipei pada bulan September, Tsai masih membutuhkan Barat untuk membiayai militer Taiwan seperti yang saat ini dilakukan untuk pasukan Ukraina.

“Negara-negara Barat, khususnya AS, membantu Ukraina. Apa yang kita lihat dari perang Ukraina adalah negara-negara Barat berkumpul dan membantu Ukraina untuk berperang,” katanya.



Pemerintah Amerika Serikat (AS) telah secara resmi mengakui, tetapi tidak mendukung, kedaulatan China atas Taiwan sejak tahun 1970-an. Sementara Presiden AS Joe Biden telah berjanji pada beberapa kesempatan bahwa militer Amerika akan membantu mengusir invasi China, para pembantunya di Gedung Putih telah berulang kembali menegaskan kebijakan Satu China setiap waktu.

Tak lama setelah Tsai berbicara dengan Rhodes, China membuka pertunjukan udara dua tahunannya, yang dilaporkan mendemonstrasikan senjata anti-drone, jet tempur generasi kelima, dan rudal anti-kapal hipersonik. Analis menggambarkan kelenturan otot militer ini sebagai peringatan kepada Barat untuk tidak mengganggu reunifikasi dengan Taiwan.



(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1444 seconds (0.1#10.140)