Blinken: China Ingin 'Percepat' Invasi Taiwan

Kamis, 27 Oktober 2022 - 15:13 WIB
loading...
Blinken: China Ingin Percepat Invasi Taiwan
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken menyebut China ingin mempercepat merebut Taiwan. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken menuduh China telah merusak status quo selama puluhan tahun yang telah mencegah kedua negara berperang memperebutkan Taiwan, dengan mengatakan Beijing berusaha "mempercepat" merebut pulau itu.

"Apa yang berubah adalah ini -- keputusan pemerintah di Beijing bahwa status quo tidak lagi dapat diterima, bahwa mereka ingin mempercepat proses di mana mereka akan mengejar reunifikasi," kata Blinken saat wawancara di kantor Bloomberg.

“Mereka juga, saya pikir, membuat keputusan tentang bagaimana mereka akan melakukan itu, termasuk memberikan lebih banyak tekanan pada Taiwan, pemaksaan – membuat hidup menjadi sulit dalam berbagai cara di Taiwan dengan harapan hal itu akan mempercepat reunifikasi,” terang Blinken seperti dikutip dari Bloomberg, Kamis (27/10/2022).

Taiwan tetap menjadi titik didih utama dan sumber konflik yang paling mungkin antara AS dan China. Ketegangan di pulau itu meningkat secara dramatis ketika Ketua DPR AS Nancy Pelosi menentang peringatan Beijing dan mengunjungi pulau itu pada Agustus lalu.

Pulau yang diklaim oleh China itu menerima miliaran dolar senjata canggih dari AS. Presiden Joe Biden telah menjadi lebih eksplisit daripada para pendahulunya tentang rencana AS untuk datang ke pertahanan pulau itu jika terjadi invasi China.

“Setiap orang memiliki kepentingan yang sangat besar, saya pikir, untuk menjelaskan kepada semua yang terlibat, dimulai dengan Beijing, bahwa dunia tidak ingin melihat krisis apa pun terkait Taiwan, gangguan apa pun, dan dunia percaya bahwa perbedaan ini perlu diselesaikan secara damai,” kata Blinken.

Secara lebih luas, Blinken mengatakan AS dan China sekarang jelas terlibat dalam kompetisi global untuk membentuk urusan internasional, dengan Beijing mendorong balik AS untuk memperjuangkan tatanan dunia yang “tidak liberal”.



“Kami tidak mencari konflik. Kami tidak menginginkan Perang Dingin. Kami tidak berusaha menahan atau menahan China," ujar Blinken.

“Tapi sama-sama, kami tegas dalam membela kepentingan kami, membela nilai-nilai kami. Dan lagi, ketika datang ke Taiwan, membela proposisi yang telah berlangsung selama beberapa dekade, bahwa perbedaan ini perlu dikelola dan diselesaikan secara damai,” pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1920 seconds (0.1#10.140)