Zelensky: 4,5 Juta Warga Ukraina Mengalami Pemadaman Listrik

Senin, 07 November 2022 - 19:05 WIB
loading...
Zelensky: 4,5 Juta Warga Ukraina Mengalami Pemadaman Listrik
Orang-orang berbelanja di supermarket saat Kharkiv mengalami pemadaman listrik di Kharkiv, Ukraina, 17 Oktober 2022. Foto/REUTERS/Clodagh Kilcoyne
A A A
KIEV - Lebih dari empat juta warga Ukraina telah terputus pasokan listriknya, dengan ibu kota dan daerah sekitarnya yang terkena dampak paling parah.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengungkapkan hal itu pada Minggu (6/11/2022). Pernyataannya menyusul serangan Rusia selama berminggu-minggu terhadap infrastruktur listrik Ukraina, setelah Moskow menuduh Kiev melakukan serangan “sabotase”.

Dalam pidatonya yang diposting di Telegram, Zelensky mencatat pada Minggu malam, pemadaman listrik berlanjut di Kiev dan enam wilayah Ukraina.

“Lebih dari 4,5 juta konsumen tanpa listrik. Kebanyakan dari mereka sekarang berada di Kiev dan wilayah Kiev. Ini benar-benar sulit," ujar dia.



Pemimpin Ukraina itu memberikan jaminan bahwa pemerintah sedang mempersiapkan semua kemungkinan skenario energi.

"Apa pun yang diinginkan teroris, apa pun yang mereka cari, kita harus melewati musim dingin ini dan menjadi lebih kuat di musim semi daripada kita sekarang," tegas dia.

Dia mengklaim Rusia sedang memusatkan pasukannya dalam persiapan untuk serangan skala besar di infrastruktur penting Ukraina.

“Rusia membutuhkan rudal Iran untuk tujuan khusus ini,” papar Zelensky.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1014 seconds (0.1#10.140)