Netanyahu Kembali Berkuasa, Akankah Israel dan Iran Perang di Ukraina?

Jum'at, 04 November 2022 - 07:06 WIB
loading...
A A A
"Israel tidak dapat membiarkan dirinya mengalami kegagalan intelijen kolosal seperti yang dialami Rusia di Ukraina," ujarnya, mengisyaratkan bahwa negara itu kemungkinan akan mengambil tindakan dalam menanggapi potensi ancaman, terutama di bawah Netanyahu yang baru terpilih kembali.

"Jika Mossad atau struktur intelijen Israel lainnya memberi tahu Netanyahu bahwa hubungan militer Iran yang berkembang dengan Rusia dapat mewakili ancaman serius bagi Negara Yahudi," kata Mikovic, "Israel akan mengambil tindakan nyata untuk melindungi kepentingan nasionalnya."

“Menyediakan Ukraina dengan sistem pertahanan udara canggih kemungkinan akan ada di atas meja,” katanya. "Tetapi mereka juga dapat pergi sejauh menghancurkan pabrik pesawat tak berawak Iran, situs nuklir, atau membunuh ilmuwan Iran dan para pemimpin militer.”

Meskipun tidak secara resmi berperang, Iran dan Israel telah bentrok secara terbuka selama bertahun-tahun di berbagai bidang, terutama di Timur Tengah.

Israel secara rutin tidak membenarkan atau menyangkal sebagian besar tindakan yang menargetkan personel Iran, termasuk di Iran sendiri.

Pendekatan ini telah memberikan ruang bagi ambiguitas strategis dan teori konspirasi seputar kematian pejabat tinggi Iran seperti perwira Korps Garda Revolusi Islam Mehdi Molashahi dan Javad Kikha, yang menurut cabang militer elite Iran dibunuh oleh orang-orang bersenjata tak dikenal di kota timur Zahedan, di tengah protes nasional yang dipicu oleh kematian Mahsa Amini usai ditangkap polisi moral di Teheran.

Ketika datang ke Suriah, khususnya, Javad Heirannia, yang menjadi direktur studi Teluk Persia di Pusat Penelitian Ilmiah dan Studi Strategis Timur Tengah di Iran, mengatakan kepada Newsweek: "Jumlah serangan Israel terhadap posisi Iran di Suriah sampai batas tertentu tergantung pada jumlah lampu hijau Rusia."

"Rusia biasanya mencoba menggunakan pengaruh Iran terhadap Israel, dan bereaksi negatif terhadap serangan Israel kapan pun diperlukan," katanya.

"Perang di Ukraina telah menyebabkan perbedaan antara Rusia dan Israel, dan tampaknya hal itu dapat membatasi pergerakan Israel di Suriah, dan membebaskan tangan Iran."
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1503 seconds (0.1#10.140)