Netanyahu Kembali Berkuasa, Akankah Israel dan Iran Perang di Ukraina?

Jum'at, 04 November 2022 - 07:06 WIB
loading...
A A A
Israel sendiri telah menunjukkan metode yang lebih murah untuk melawan drone Iran melalui patroli helikopter Apache, yang terbukti efektif dalam penembakan Shahed-171 yang dilaporkan di dekat wilayah udara Israel pada April 2018.

Israel juga telah menerjunkan setidaknya tiga sistem anti-drone, termasuk Smart Shooter, Drone Done, dan Skylock Dome. Beberapa laporan menunjukkan bahwa sistem Smart Shooter sudah dipasok ke Ukraina.

"Cara lain untuk menghentikan drone adalah dengan menolak GPS di daerah konflik," kata Mehdi.

"Israel dilaporkan telah menggunakan taktik itu di Laut Mediterania timur untuk melindungi fasilitas minyak dan gas mereka dari drone Hizbullah."

"Tapi itu bisa mempengaruhi warga sipil dan pasukan Ukraina yang menggunakan layanan GPS juga," imbuh dia.

Sementara itu, Israel selalu memiliki hak untuk mengambil tindakan sepihak terhadap proliferasi senjata Iran.

Suriah telah menjadi tempat reguler untuk operasi Israel semacam itu. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan serangan Israel terjadi akhir bulan lalu terhadap fasilitas pembuatan dan penyimpanan drone Iran di dekat Damaskus.

Tapi hubungan yang sudah tidak nyaman antara Israel dan Rusia telah tumbuh bahkan lebih genting dengan perang di Ukraina, mendorong operasi Israel di Suriah dipertanyakan.

Nikola Mikovic, seorang analis yang berbasis di Serbia yang berfokus pada Rusia, Ukraina dan Belarusia, juga mengatakan kepada Newsweek bahwa jika Israel memasok senjata ke Ukraina, "Moskow dapat berhenti mengoordinasikan tindakan militernya atas Suriah."

Tapi sama seperti Israel memiliki reservasi strategis dalam menentang Rusia, Mikovic menyatakan bahwa Moskow memiliki alasan sendiri untuk melangkah ringan, mengingat hubungan yang kuat antara elite Rusia berpengaruh tertentu yang memiliki hubungan dengan Israel, termasuk paspor dalam beberapa kasus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)