Rusia Rekrut Eks Pasukan Khusus Afghanistan untuk Bertempur di Ukraina

Selasa, 01 November 2022 - 06:00 WIB
loading...
Rusia Rekrut Eks Pasukan Khusus Afghanistan untuk Bertempur di Ukraina
Rusia Rekrut Eks Pasukan Khusus Afghanistan untuk Bertempur di Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
MOSKOW - Personel pasukan khusus Afghanistan yang bertempur bersama pasukan Amerika Serikat (AS) dan kemudian melarikan diri ke Iran setelah penarikan AS yang kacau tahun lalu, sekarang direkrut oleh militer Rusia untuk berperang di Ukraina.

Hal itu diungkapkan tiga mantan jenderal Afghanistan kepada The Associated Press. Mereka mengatakan, Rusia ingin menarik ribuan mantan pasukan komando elit Afghanistan ke dalam "legiun asing" dengan tawaran pembayaran tetap USD1.500 per bulan dan janji tempat berlindung yang aman bagi diri mereka sendiri dan keluarga.



Kondisi itu membuat para eks personel pasukan khusus Afghanistan dapat menghindari deportasi pulang ke negara asal mereka dan menghindari kematian di tangan Taliban.

“Mereka tidak ingin pergi berperang – tetapi mereka tidak punya pilihan,” kata salah satu jenderal, Abdul Raof Arghandiwal. Ia menambahkan, bahwa selusin atau lebih pasukan komando di Iran dengan siapa dia telah mengirim pesan, sangat takut dideportasi.

"Mereka bertanya kepada saya, 'Beri saya solusi? Apa yang harus kita lakukan? Jika kami kembali ke Afghanistan, Taliban akan membunuh kami,” ungkap Arghandiwal. Ia juga mengungkapkan, perekrutan dipimpin oleh pasukan bayaran Rusia Wagner Group.



Jenderal Afghanistan lainnya, Hibatullah Alizai, panglima militer Afghanistan terakhir sebelum Taliban mengambil alih, mengatakan upaya itu juga dibantu oleh mantan komandan pasukan khusus Afghanistan yang tinggal di Rusia.

Rekrutmen Rusia mengikuti peringatan berbulan-bulan dari tentara AS yang bertempur dengan pasukan khusus Afghanistan, bahwa Taliban berniat membunuh mereka dan bahwa mereka mungkin bergabung dengan musuh AS untuk tetap hidup atau karena marah dengan mantan sekutu mereka.

Sebuah laporan kongres GOP pada bulan Agustus secara khusus memperingatkan bahaya bahwa pasukan komando Afghanistan – dilatih oleh US Navy SEAL dan Army Green Baret – dapat memberikan informasi tentang taktik AS kepada kelompok Negara Islam, Iran atau Rusia – atau berjuang untuk mereka.



“Kami tidak mengeluarkan orang-orang ini seperti yang kami janjikan, dan sekarang mereka pulang untuk bertengger,” kata Michael Mulroy, pensiunan perwira CIA yang bertugas di Afghanistan.

Ia menambahkan bahwa pasukan komando Afghanistan adalah pejuang yang sangat terampil dan ganas. “Saya tidak ingin melihat mereka di medan perang mana pun, terus terang, tetapi tentu saja tidak melawan Ukraina,” jelasnya.

Mulroy skeptis, bagaimanapun, bahwa Rusia akan mampu membujuk banyak pasukan komando Afghanistan untuk bergabung. Sebab, menurutnya sebagian besar pasukan khusus itu ingin agar demokrasi bekerja di negara mereka, daripada menjadi senjata untuk disewa.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1172 seconds (0.1#10.140)