Media AS: Arab Saudi Kibuli Amerika Serikat soal Minyak

Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:21 WIB
loading...
A A A
Ketika mereka kemudian mendengar bahwa Arab Saudi telah membalikkan posisinya dalam masalah ini, pejabat pemerintah melakukan upaya yang gagal untuk mengubah pikiran di istana kerajaan.

Para pejabat Arab Saudi mengatakan awal bulan ini bahwa keputusan OPEC+ hanya didasarkan pada pertimbangan ekonomi, bukan politik, dan bahwa Washington mencoba menunda langkah itu selama beberapa minggu.

Penundaan seperti itu mungkin telah mendorong pengumuman melewati tanggal 8 November.

Menurut jajak pendapat di Amerika, inflasi AS tetap mendekati level tertinggi 40 tahun dan menjadi perhatian utama pemilih Amerika menjelang pemilu paruh waktu.

Biden mengatakan saat berkampanye untuk menjadi presiden pada 2019 bahwa dia akan memperlakukan Arab Saudi sebagai "paria" dan akan membuat mereka "membayar harga mahal" atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

New York Times melaporkan bahwa beberapa pendukung terkuatnya berpendapat keputusan Biden untuk bertemu dengan Mohammed bin Salman karena pemerintahannya mengira itu memiliki kesepakatan minyak rahasia pada bulan Mei.

Menurut mereka, itu adalah contoh terbaru dari mengorbankan prinsip-prinsip untuk kepentingan politik—dan memiliki sedikit untuk menunjukkannya.

“Sekarang ada tingkat rasa malu karena Saudi dengan gembira melanjutkan perjalanan mereka,” kata anggota Parlemen AS Gerald Connolly, seorang politisi Partai Demokrat asal Virginia.

Biden secara terbuka membantah pada bulan Juni bahwa dia akan meminta pejabat Arab Saudi untuk meningkatkan pasokan minyak.

"Apa yang terjadi selama setengah tahun terakhir adalah kisah kesepakatan jabat tangan, angan-angan, sinyal yang terlewatkan, dan tudingan atas janji yang diingkari," imbuh laporan New York Times.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1752 seconds (0.1#10.140)