Ukraina Kirim Peringatan Keras ke Belarusia Agar Tidak Ikut Perang

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 07:24 WIB
loading...
Ukraina Kirim Peringatan Keras ke Belarusia Agar Tidak Ikut Perang
Ukraina kirim peringatan keras ke Belarusia agar tidak ikut-ikutan berperang. Foto/Ilustrasi
A A A
KIEV - Ukraina mengirim peringatan keras ke Belarusia setelah Presiden Alexander Lukashenko pekan lalu memicu kekhawatiran militernya dapat bergabung dalam perang Vladimir Putin melawan Ukraina.

Komando Angkatan Bersenjata Ukraina merilis video seruan pada hari Jumat yang mendesak Belarusia untuk tidak bergabung dengan perang Rusia melawan Ukraina, memperingatkan bahwa mereka akan membalas jika itu terjadi.

Seruan itu mengatakan bahwa Ukraina tidak pernah mengancam Belarusia, dan sejak perang dimulai pada bulan Februari, tentara Ukraina tidak pernah menanggapi fakta bahwa serangan udara, artileri dan rudal sedang dilakukan dari wilayah Belarusia di Ukraina.

"Jika tentara Belarusia mendukung agresi Rusia, kami akan merespons. Kami akan merespons dengan keras seperti kami menanggapi semua penjajah di wilayah Ukraina," bunyi seruan yang diposting di halaman Facebook Departemen Komunikasi Strategis Staf Umum dari Angkatan Bersenjata Ukraina.

"Angkatan Bersenjata Ukraina memohon kepada rakyat Belarusia! Selama berabad-abad, rakyat kami telah terikat oleh persahabatan dan hubungan bertetangga yang baik, berkali-kali dalam sejarah kami, kami telah berjuang bersama melawan musuh bersama, kami selalu saling mendukung dan hidup dalam damai," demikian bunyi seruan itu seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (22/10/2022).

Baca: Anggap Ukraina Ancaman, Tentara Belarusia Gabung dengan Pasukan Rusia

Seruan itu mengatakan bahwa Lukashenko sedang bersiap untuk bergabung dengan agresi bersenjata Rusia melawan Ukraina dan akan menarik rakyat Belarusia ke dalam perang kotor, berlumuran darah dan kematian.

Seruan ini juga mendesak warga Belarusia untuk tidak mengikuti perintah Lukashenko untuk memasuki perang melawan Ukraina dan tidak berbagi tanggung jawab atas kejahatan perang dengan Rusia.

"Kami mendesak Anda untuk tidak mengubur putra, suami, ayah, saudara laki-laki Anda yang meninggal karena ambisi dan ketakutan Putin dan Lukashenko kehilangan kekuasaan mereka," imbau seruan itu.

Belarusia telah digunakan oleh sekutu lamanya Rusia selama perang sebagai tempat untuk mengirim rudal dan pasukan ke Ukraina, tetapi tidak berpartisipasi secara langsung dalam perang.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3132 seconds (10.177#12.26)