Ini Alasan Israel Takut pada Kelompok Baru Pejuang Palestina Sarang Singa

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 19:28 WIB
loading...
A A A
Bahasa Ramadan yang mirip dengan bahasa yang digunakan oleh orang Israel dan pro-Israel dalam penggambaran mereka tentang masyarakat Palestina, menyoroti perpecahan besar antara wacana politik PA dan orang-orang Palestina biasa.

“PA tidak hanya kehilangan pemahaman narasinya, tetapi juga kehilangan sisa kendali apa pun yang tersisa di Tepi Barat, terutama di Nablus dan Jenin,” ujar Dr Ramzy Baroud.

Seorang pejabat senior Palestina mengatakan kepada Media Line bahwa, "Jalanan Palestina tidak mempercayai kami lagi, karena mereka melihat kami sebagai perpanjangan dari Israel.”

Benar apa yang dikatakan pejabat itu, tetapi kurangnya kepercayaan ini telah terjadi selama bertahun-tahun.

“Persatuan Intifada” pada Mei 2021, bagaimanapun, menjadi titik balik utama dalam hubungan antara PA dan warga biasa Palestina.

Munculnya Sarang Singa dan kelompok bersenjata Palestina lainnya hanyalah beberapa manifestasi dari perubahan dramatis yang sedang berlangsung di Tepi Barat.

Memang, Tepi Barat sedang berubah. Satu generasi baru yang memiliki sedikit atau tidak memiliki ingatan tentang Intifada Kedua (2000-2005), tidak mengalami invasi Israel saat itu tetapi tumbuh di bawah pendudukan dan apartheid Israel, perlawanan di Jenin, Nablus dan Hebron.

Dilihat dari wacana politik, nyanyian, dan simbol mereka, generasi muda ini sudah muak dengan perpecahan Palestina yang melumpuhkan dan seringkali dangkal di antara faksi, ideologi, dan wilayah.

Faktanya, brigade yang baru dibentuk, termasuk Sarang Singa, diyakini sebagai kelompok multi-faksi yang membawa, untuk pertama kalinya, pejuang dari Hamas, Fatah, dan lainnya ke dalam satu platform.

Ini menjelaskan antusiasme rakyat dan kurangnya kecurigaan di antara orang-orang Palestina biasa terhadap para pejuang baru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1883 seconds (0.1#10.140)