Dewan Uni Eropa Setuju Bentuk Misi Bantuan Militer Dukung Ukraina

Selasa, 18 Oktober 2022 - 06:05 WIB
loading...
Dewan Uni Eropa Setuju Bentuk Misi Bantuan Militer Dukung Ukraina
Dewan Uni Eropa Setuju Bentuk Misi Bantuan Militer Dukung Ukraina. FOTO/Reuters
A A A
ISTANBUL - Dewan Uni Eropa pada Senin (17/10/2022) setuju untuk membentuk misi bantuan militer. Langkah ini diambil untuk lebih mendukung Angkatan Bersenjata Ukraina .

“Tujuan dari misi ini adalah untuk berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan militer Angkatan Bersenjata Ukraina untuk secara efektif melakukan operasi militer,” sebut pernyataan Dewa Uni Eropa seperti dikutip dari Anadolu Agency.



“Untuk memungkinkan Ukraina mempertahankan integritas teritorialnya dalam perbatasan yang diakui secara internasional, secara efektif menjalankan kedaulatannya dan melindungi warga sipil,” lanjut pernyataan itu.

Dewan Uni Eropa juga mengadopsi langkah-langkah bantuan tambahan di bawah Fasilitas Perdamaian Eropa (EPF) untuk lebih mendukung “kemampuan dan ketahanan Angkatan Bersenjata Ukraina”.

Dinyatakan pula, tahap keenam senilai 500 juta Euro (USD 487 juta) sekarang akan membawa total kontribusi UE di bawah EPF untuk Kyiv menjadi 3,1 miliar Euro.



“Langkah-langkah bantuan termasuk 490 juta Euro untuk peralatan militer yang dirancang untuk memberikan kekuatan mematikan untuk tujuan pertahanan, dan 10 juta Euro dimaksudkan untuk menutupi penyediaan peralatan dan pasokan,” kata pernyataan itu.

"Kami meningkatkan bantuan militer UE menjadi 3,1 miliar Euro dan meluncurkan misi pelatihan militer UE untuk Ukraina. Serangan membabi buta terbaru Rusia tidak akan menggoyahkan tekad kami untuk mendukung Ukraina, itu hanya akan memperkuatnya," kata kepala kebijakan luar negeri UE Josep Borrell di Twitter.

Langkah-langkah bantuan sebelumnya di bawah EPF untuk Kiev disepakati pada 28 Februari, 23 Maret, 13 April, 23 Mei dan 21 Juli selama tahun ini.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)