Israel Didesak Pasok Senjata ke Ukraina, Ikuti Jejak AS dan NATO

Senin, 17 Oktober 2022 - 06:59 WIB
loading...
A A A
"Kami menolak laporan tentang pengiriman drone ke Rusia untuk digunakan dalam perang Ukraina sebagai laporan tidak berdasar," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Nasser Kan'ani.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menyebut klaim bahwa Rusia dipasok drone kamikaze Iran adalah klaim palsu.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS John Kirby mengakui pada Agustus bahwa Washington tidak memiliki terkait laporan tentang Kementerian Pertahanan Rusia benar-benar membeli drone Iran.

Namun, Ukraina tetap bersikeras bahwa sebagian besar drone yang digunakan Rusia dalam pertempuran baru-baru ini berasal dari Iran.

Negara itu mencabut kredensial duta besar Iran untuk Kiev bulan lalu setelah beberapa drone Rusia yang jatuh ditemukan menyerupai model Iran.

Ukraina telah berulang kali meminta Israel mengirimkan sistem pertahanan rudal Iron Dome-nya, selain juga memohon AS untuk memberlakukan zona larangan terbang yang akan menempatkan Washington ke dalam konfrontasi militer langsung dengan Moskow.

Tel Aviv sejauh ini menolak permintaan Kiev dengan alasan bahwa teknologi tersebut—yang membela negara kecil Israel—tidak akan berfungsi di wilayah sebesar Ukraina. Sebab, Iron Dome tidak akan melindungi wilayah tersebut dari rudal jarak menengah dan jarak jauh yang digunakan oleh Rusia.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)