Israel Didesak Pasok Senjata ke Ukraina, Ikuti Jejak AS dan NATO

Senin, 17 Oktober 2022 - 06:59 WIB
loading...
Israel Didesak Pasok Senjata ke Ukraina, Ikuti Jejak AS dan NATO
Israel didesak memihak dan mulai memasok senjata ke Ukraina seperti yang sudah dilakukan Amerika Serikat dan negara-negara NATO. Foto/National Interest
A A A
TEL AVIV - Israel didesak untuk mulai memasok bantuan senjata ke Ukraina . Desakan ini disampaikan Menteri Urusan Diaspora rezim Zionis Nachman Shai.

Shai pada hari Minggu mengeklaim bahwa Iran—musuh bebuyutan Israel—telah dilaporkan mentransfer rudal balistik ke Rusia .

"Tidak ada lagi keraguan di mana Israel harus berdiri dalam konflik berdarah ini," tulis Shai di Twitter.

"Waktunya telah tiba bagi Ukraina untuk menerima bantuan militer juga, seperti yang diberikan oleh Amerika Serikat (AS) dan negara-negara NATO," lanjut dia, dikutip dari akun Twitter-nya, @DrNachmanShai, Senin (17/10/2022).



Israel telah memasok Ukraina dengan bantuan non-mematikan. Negara mayoritas Yahudi itu juga diduga telah memasok peralatan militer berupa sistem pertahanan rudal melalui sektor swasta.

Klaim bahwa Iran memasok Rusia dengan rudal balistik muncul dari laporan Washington Post pada hari Minggu. Laporan tersebut mengutip pejabat dari negara sekutu AS yang memantau dengan cermat aktivitas senjata Iran.

Pejabat yang sama ini, menurut Washington Post, mengeklaim pada bulan Agustus bahwa Iran memasok seri drone kamikaze Shahed-136 dan Mohajer-6 ke Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina.

Dia mengatakan kepada media AS tersebut bahwa Iran akan mengirim lebih banyak drone Mohajer-6 dan Shahed-136.

Iran telah membantah memasok senjata ke kedua belah pihak, dengan alasan mempersenjatai masing-masing pihak dari krisis akan memperpanjang perang.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1186 seconds (0.1#10.140)