Barat Membuat Rencana Redam Kepanikan Jika Rusia Mengebom Nuklir Ukraina

Sabtu, 15 Oktober 2022 - 14:07 WIB
loading...
Barat Membuat Rencana Redam Kepanikan Jika Rusia Mengebom Nuklir Ukraina
Tsar Bomba, bom nuklir terbesar sejagat yang diledakkan Uni Soviet 30 Oktober 1961. Barat sedang membuat perencanaan untuk meredam kepanikan jika Rusia mengebom nuklir Ukraina. Foto/National Interest
A A A
LONDON - Para pejabat Barat terlibat dalam “perencanaan yang bijaksana” di belakang layar untuk mencegah kekacauan dan kepanikan di negara asal mereka jika Rusia meledakkan bom nuklir di atau dekat Ukraina .

Meskipun krisis nuklir dianggap sangat tidak mungkin, orang internal dari pembuat perencanaan itu mengatakan para pejabat internasional sedang memeriksa kembali rencana untuk memberikan dukungan darurat dan jaminan kepada populasi yang takut akan eskalasi nuklir.

Petunjuk pemikiran muncul dalam briefing oleh seorang pejabat pada hari Jumat, yang ditanya apakah akan ada langkah-langkah untuk mencegah panic buying atau orang-orang yang melarikan diri dari kota secara massal karena takut eskalasi setelah peristiwa nuklir.

"Pemerintah terlibat dalam perencanaan bijaksana untuk berbagai skenario yang mungkin," kata seorang pejabat Barat, yang berbicara dengan syarat anonim, meskipun dia menekankan bahwa setiap penggunaan senjata nuklir oleh Rusia dalam perang akan menjijikkan.



Kampanye informasi publik dan bahkan latihan sekolah tentang bagaimana bertahan dari perang nuklir adalah fitur dari Perang Dingin, termasuk "Duck and Cover Campaign" di Amerika Serikat pada 1950-an, "Protect and Survive" di Inggris pada akhir 1970-an dan “Everyone Has A Chance" di Jerman Barat pada awal 1960-an.

Kampanye-kampanye ini menjadi sasaran kritik dan parodi yang cukup besar atas saran mereka bahwa kemungkinan untuk bertahan dari konflik nuklir habis-habisan, meskipun dalam kasus ini fokusnya seharusnya pada mencegah kepanikan publik atas ketakutan akan eskalasi nuklir yang tidak terkendali yang akan menyebabkan kota-kota besar menjadi sasaran.

Kate Hudson, sekretaris jenderal Kampanye untuk Perlucutan Senjata Nuklir (CND), mengatakan: “'Perencanaan yang bijaksana' ini mengingatkan kembali pada kampanye 'Protect and Survive' era Perang Dingin pemerintah Inggris—yang dikecam oleh CND sebagai memberikan kesan palsu bahwa serangan senjata nuklir bisa bertahan dengan mengapur jendela dan hal-hal yang tidak relevan lainnya.”

Karena Moskow telah mengalami kemunduran di medan perang di Ukraina sejak September, Presiden Rusia Vladimir Putin telah meningkatkan retorika nuklir, dengan mengatakan bulan lalu bahwa ia akan menggunakan “semua cara yang tersedia” untuk mempertahankan wilayah Rusia. Pernyataan Putin itu ditafsirkan Barat sebagai ancaman penggunaan senjata nuklir.

Para pejabat Barat mengatakan komentar presiden Rusia tentang penggunaan nuklir sangat tidak bertanggung jawab dan tidak ada negara lain yang berbicara tentang senjata nuklir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)