Diawasi Kim Jong-un, Korut Tembakkan 2 Rudal Jelajah yang Mampu Bawa Nuklir

Kamis, 13 Oktober 2022 - 08:27 WIB
loading...
Diawasi Kim Jong-un, Korut Tembakkan 2 Rudal Jelajah yang Mampu Bawa Nuklir
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. Dia mengawasi uji tembak sepasang rudal jelajah strategis yang mampu membawa hulu ledak nuklir pada Rabu (12/10/2022). Foto/KCNA
A A A
SEOUL - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un mengawasi uji tembak dua rudal jelajah strategis jarak jauh yang mampu membawa hulu ledak nuklir , Rabu.

Media pemerintah Korut, KCNA, pada Kamis (13/10/2022) mengonfirmasi manuver rudal terbaru Pyongyang tersebut.

"Uji tembak dilakukan pada hari Rabu, dan ditujukan untuk meningkatkan efisiensi tempur dan kekuatan rudal jelajah yang dikerahkan ke Tentara Rakyat Korea untuk pengoperasian nuklir taktis,” tulis KCNA, yang dilansir Reuters.



Menekankan bahwa uji tembak rudal adalah peringatan lain yang jelas bagi musuh, Kim Jong-un mengatakan negaranya harus terus memperluas lingkup operasional angkatan bersenjata strategis nuklir untuk secara tegas mencegah krisis militer dan perang kapan saja dan sepenuhnya mengambil inisiatif di dalamnya.

Pada hari Senin, KCNA mengatakan Kim Jong-un telah memandu latihan taktis nuklir yang menargetkan Korea Selatan selama dua minggu terakhir sebagai protes atas latihan perang gabungan oleh pasukan Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) yang melibatkan sebuah kapal induk.

KCNA melaporkan bahwa dua rudal yang ditembakkan pada hari Rabu terbang selama 10,234 detik. "Untuk dengan jelas mencapai target 2.000 km (1.240 mil) jauhnya," bunyi laporan KCNA.

Belum jelas apakah uji tembak sepasang rudal jelajah strategis kemarin terdeteksi oleh pihak berwenang di Korea Selatan, Jepang, atau Amerika Serikat, yang sering memantau dan merilis informasi tentang aktivitas senjata Korea Utara.

Korea Utara pertama kali menguji coba rudal jelajah strategis pada September 2021, yang dipandang oleh para analis pada saat itu sebagai senjata pertama Pyongyang dengan kemampuan nuklir.

Manuver pada Rabu menegaskan bahwa peran nuklir dan sekarang sudah beroperasi, meskipun tidak jelas apakah Korea Utara telah menguasai teknologi yang diperlukan untuk membangun hulu ledak yang cukup kecil untuk dibawa pada rudal jelajah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)