Musk Sangkal Bicarakan Kesepakatan Damai Ukraina dengan Putin

Rabu, 12 Oktober 2022 - 17:04 WIB
loading...
Musk Sangkal Bicarakan Kesepakatan Damai Ukraina dengan Putin
Miliarder pendiri SpaceX sekaligus CEO Tesla, Elon Musk. Foto/Livemint
A A A
WASHINGTON - Miliarder pendiri SpaceX sekaligus CEO Tesla, Elon Musk, membantah laporan jika ia telah berbicara langsung dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang senjata nuklir dan kesepakatan damai yang akan membuat Ukraina menyerahkan wilayah ke Rusia.

"Saya hanya berbicara dengan Putin sekali dan itu sekitar 18 bulan yang lalu. Subjeknya adalah ruang angkasa," tulis Musk di Twitter, platform media sosial yang tampaknya akan dia beli.

Klaim Musk berbicara dengan Putin tentang senjata nuklir dan kesepakatan damai Ukraina awalnya dibuat oleh Ian Bremmer, presiden perusahaan konsultan Grup Eurasia, dalam sebuah buletin.

"Elon Musk memberi tahu saya bahwa dia telah berbicara dengan Putin dan Kremlin secara langsung tentang Ukraina. Dia juga memberi tahu saya apa garis merah Kremlin itu," tulis Bremmer di Twitter.

Bremmer mengatakan dia telah menulis buletin mingguannya selama 24 tahun tanpa rasa takut atau bantuan dan meskipun dia mengagumi Musk sebagai seorang pengusaha, dia bukan ahli geopolitik.



Di antara hal-hal yang dikatakan Musk kepada Bremmer adalah Putin siap untuk bernegosiasi tetapi hanya jika Crimea - yang secara ilegal dianeksasi oleh Kremlin pada tahun 2014 - tetap menjadi bagian dari Rusia.

Ada juga tuntutan nyata agar Ukraina bersikap netral, dan mengakui empat wilayah timur Ukraina yang dianeksasi oleh Rusia pada bulan September juga sebagai bagian dari Rusia.

Bremmer mengatakan bahwa Musk juga mengungkapkan bahwa Putin telah berbicara tentang potensi penggunaan senjata nuklir di Ukraina dan bahwa dia memberi tahu pemimpin Rusia itu segala sesuatu perlu dilakukan untuk menghindari hasil itu.

"Tidak ada yang harus mempercayai Bremmer," kata Musk seperti dikutip dari Euronews, Rabu (12/10/2022).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1400 seconds (0.1#10.140)