Hanya 9 Negara Dukung Upaya Ukraina Masuk NATO

Senin, 03 Oktober 2022 - 15:39 WIB
loading...
Hanya 9 Negara Dukung Upaya Ukraina Masuk NATO
Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy dan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg berbicara sambil menaiki tangga setelah pembicaraan mereka di Kiev, Ukraina 31 Oktober 2019. Foto/REUTERS/Gleb Garanich
A A A
BUCHAREST - Presiden sembilan negara NATO berkumpul pada Minggu (2/10/2022) untuk mendukung upaya keanggotaan Ukraina.

Mereka juga mendesak semua sekutu "secara substansial meningkatkan" dukungan militer ke Kiev.

Pernyataan itu muncul dua hari setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengumumkan niat negaranya mengajukan keanggotaan NATO jalur cepat.

“Kami dengan tegas mendukung keputusan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) NATO Bucharest 2008 mengenai keanggotaan Ukraina di masa depan,” papar presiden Republik Ceko, Estonia, Latvia, Lithuania, Makedonia Utara, Montenegro, Polandia, Rumania, dan Slovakia.

Baca juga: Wali Kota: 10% Pria Rusia Rela Bertempur di Ukraina untuk Hindari Istri Cerewet

Pada KTT Bucharest, para anggota aliansi menyambut “aspirasi untuk menjadi anggota NATO” dari Ukraina dan Georgia tetapi tidak memberikan kerangka waktu untuk aksesi negara-negara ini.

"Kami mendukung Ukraina dalam pertahanannya melawan invasi Rusia, menuntut Rusia segera menarik diri dari semua wilayah yang diduduki dan mendorong semua Sekutu untuk secara substansial meningkatkan bantuan militer mereka ke Ukraina," papar pernyataan itu.

Mengacu pada penggabungan empat bekas wilayah Ukraina ke dalam Federasi Rusia, para pemimpin negara itu mengatakan mereka “tidak akan pernah” mengakui “upaya Rusia mencaplok wilayah Ukraina mana pun.”

Sementara itu, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, mengomentari upaya Zelensky bergabung NATO.

Stoltenberg menekankan, "Setiap keputusan tentang keanggotaan harus diambil dengan konsensus" dari semua 30 anggota.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0965 seconds (10.55#12.26)