Kejamnya Israel, 100 Warga Palestina Tewas di Tepi Barat

Minggu, 02 Oktober 2022 - 09:04 WIB
loading...
A A A
Penggerebekan juga kerap memicu baku tembak dengan militan muda bersenjata baru di daerah padat penduduk Jenin dan Nablus. Pejabat Israel dan Palestina saling menyalahkan atas runtuhnya keamanan di Tepi Barat utara.

Warga Palestina termuda yang tewas di Tepi Barat adalah Mohammad Salah yang berusia 14 tahun, ditembak oleh tentara pada akhir Februari di dekat tembok pemisah Israel di selatan Betlehem.

IDF menuduh dia melemparkan bom bensin ke jalan tetapi tidak mengatakan mengapa menggunakan kekuatan mematikan untuk menghentikan ini. Keluarganya mengatakan dia tidak dekat dengan jalan ketika dia ditembak mati.

Korban tewas tertua adalah dua pria berusia 80 tahun dalam insiden terpisah. Salah satu dari mereka, warga Palestina-Amerika Omar Assad, meninggal karena serangan jantung setelah diikat dan disumpal oleh pasukan Israel selama pencarian di desa pada bulan Januari.

Tentara kemudian mengatakan telah menangguhkan dua perwira dari posisi komando dan menyerahkan file itu kepada penyelidik militer.



Pada pertengahan Maret, 20 warga Palestina telah tewas, sebelum gelombang kekerasan mematikan tahun ini yang melanda jalan-jalan Israel.

Menurut BBC, dari 100 korban jiwa, sebagian besar ditembak mati oleh pasukan Israel selama penggeledahan, penangkapan dan penggerebekan penghancuran rumah.

Lebih dari separuh jumlah tersebut berada di Jenin dan Nablus atau desa-desa sekitarnya di Tepi Barat bagian utara.

Sekitar sepertiga dari mereka yang tewas adalah orang-orang militan bersenjata. Dalam banyak kasus, tetapi tidak semua, tentara Israel menembak mereka selama atau setelah baku tembak yang dilaporkan, meskipun IDF hampir tidak pernah memberikan penjelasan tentang apa yang terjadi secara rinci.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1912 seconds (0.1#10.140)