Saat Kapal Patroli AS Berpapasan dengan Rombongan Kapal AL China-Rusia

Selasa, 27 September 2022 - 21:35 WIB
loading...
A A A
Stoltenberg mengatakan Rusia telah membentuk Komando Arktik baru dan membuka ratusan situs militer Arktik baru dan bekas era Soviet, termasuk pelabuhan laut dalam dan lapangan terbang.

"China telah menyatakan dirinya sebagai negara "dekat Arktik" dan sekarang berencana untuk membangun pemecah es terbesar di dunia," katanya kala itu.



“Beijing dan Moskow juga telah berjanji untuk mengintensifkan kerja sama praktis di Kutub Utara. Ini merupakan bagian dari kemitraan strategis yang mendalam yang menantang nilai dan kepentingan kami,” ucap Stoltenberg saat berkunjung ke utara Kanada.

Pertemuan di lepas Pulau Kiska adalah yang terbaru antara kapal angkatan laut AS dan China di wilayah tersebut.

Pada September 2021, kapal Penjaga Pantai AS di Laut Bering dan Samudra Pasifik Utara bertemu dengan kapal China, sekitar 80 km dari Kepulauan Aleutian.

Pertemuan pertama yang tercatat dengan kapal Angkatan Laut China yang berlayar di perairan internasional di Laut Bering terjadi pada tahun 2015 ketika sebuah kapal amfibi China, sebuah kapal pengisian dan tiga kapal kombatan permukaan dilaporkan berada di daerah tersebut.

Kehadiran kapal-kapal China saat itu bertepatan dengan kunjungan tiga hari ke Alaska oleh Presiden AS saat itu Barack Obama.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)