Saat Kapal Patroli AS Berpapasan dengan Rombongan Kapal AL China-Rusia

Selasa, 27 September 2022 - 21:35 WIB
loading...
Saat Kapal Patroli AS Berpapasan dengan Rombongan Kapal AL China-Rusia
Kapal patroli AS berpapasan dengan rombongan kapal AL China-Rusia di Alaska. Foto/Al Jazeera
A A A
WASHINGTON - Sebuah kapal Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) yang melakukan patroli rutin di Laut Bering lepas pantai Alaska melaporkan pertemuan dengan kapal penjelajah rudal berpemandu China. Kapal tersebut ditemukan beriringan dengan dua kapal Angkatan Laut China lainnya dan empat kapal Angkatan Laut Rusia.

"Kapal penjelajah rudal Renhai CG 101 diamati sekitar 138km utara Pulau Kiska Alaska oleh US Coast Guard Cutter Kimball saat melakukan patroli rutin pada 19 September," kata penjaga pantai AS dalam sebuah pernyataan.

"Dua kapal Angkatan Laut China lainnya dan empat kapal Rusia, termasuk sebuah kapal perusak, kemudian diamati bergerak dalam satu formasi dengan Renhai sebagai kelompok aksi permukaan gabungan yang beroperasi di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) AS," sambung Penjaga Pantai AS seperti dikutip dari Al Jazeera, Selasa (27/9/2022).

Kimball yang berbasis di Hawaii, sebuah kapal setinggi 127 meter, mengatakan kapal-kapal China dan Rusia kemudian mematahkan formasi kelompok aksi mereka – yang merupakan pengaturan untuk misi taktis – dan bubar.

Penjaga Pantai AS dalam pernyataannya mengatakan bahwa Kimball sekarang beroperasi di bawah pedoman Operasi Perbatasan Sentinel, yang menunjukkan pencocokan "kehadiran dengan kehadiran" ketika menyangkut "pesaing strategis" yang beroperasi di dan sekitar perairan AS.



Sebuah pesawat Hercules C-130 AS telah memberikan dukungan udara untuk Kimball dari stasiun Penjaga Pantai di Kodiak, Alaska.

“Sementara formasi telah beroperasi sesuai dengan aturan dan norma internasional,” kata Laksamana Muda Nathan Moore, komandan Distrik Penjaga Pantai Ketujuh Belas AS.

“Kami akan bertemu kehadiran-dengan-kehadiran untuk memastikan tidak ada gangguan terhadap kepentingan AS di lingkungan maritim di sekitar Alaska,” sambungnya.

Pertemuan Angkatan Laut China dan Rusia dengan kapal penjaga pantai AS terjadi sebulan setelah Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg memperingatkan minat China yang meningkat di Kutub Utara dan pembangunan militer Rusia di sana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)