China: AS Kirim 'Sinyal Berbahaya' ke Taiwan

Sabtu, 24 September 2022 - 11:03 WIB
loading...
China: AS Kirim Sinyal Berbahaya ke Taiwan
Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken di tengah-tengah Sidang Umum PBB. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - China menuduh Amerika Serikat (AS) mengirimkan "sinyal yang sangat salah dan berbahaya" ke Taiwan setelah Menteri Luar Negeri AS mengatakan kepada mitranya dari China bahwa memelihara perdamaian dan stabilitas di Taiwan sangat penting.

Taiwan menjadi fokus pembicaraan selama 90 menit secara langsung dan jujur antara Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, dan Menteri Luar Negeri China, Wang Yi, di sela-sela sidang umum PBB di New York, kata seorang pejabat AS.

Dalam sebuah pernyataan terkait pertemuan itu, Kementerian Luar negeri China mengatakan AS mengirim sinyal yang sangat salah dan berbahaya ke Taiwan, dan semakin merajalelanya aktivitas kemerdekaan Taiwan, semakin kecil kemungkinan akan ada penyelesaian damai.

"Masalah Taiwan adalah masalah internal China, dan Amerika Serikat tidak berhak ikut campur dalam metode apa yang akan digunakan untuk menyelesaikannya," kata Kementerian Luar Negeri China mengutip Wang seperti dikutip dari The Guardian, Sabtu (24/9/2022).



Sebelumnya Departemen Luar Negeri AS telah mengatakan bahwa pertemuan Blinken dengan Wang adalah bagian dari upaya AS untuk mempertahankan jalur komunikasi yang terbuka dan mengelola persaingan secara bertanggung jawab, dan pejabat senior mengatakan Blinken telah menegaskan kembali keterbukaan AS untuk bekerja sama dengan China dalam hal-hal yang menjadi perhatian global.

Menanggapi pertemuan antara Blinken dan Wang, Kementerian Luar Negeri Taiwan mengatakan tindakan provokatif China baru-baru ini telah menjadikan Selat Taiwan sebagai fokus diskusi, dan China berusaha membingungkan audiens internasional dengan argumen dan kritik yang bertentangan dengan kenyataan.

Ketegangan atas Taiwan telah meningkat setelah kunjungan ke sana pada bulan Agustus oleh Ketua DPR AS, Nancy Pelosi - yang diikuti dengan latihan militer skala besar China - serta janji oleh presiden AS, Joe Biden, untuk membela Taiwan.

Pernyataan Biden adalah yang paling eksplisit hingga saat ini tentang mengerahkan pasukan AS untuk mempertahankan pulau itu. Itu juga merupakan contoh terbaru dari kemunculan ambiguitas strategis AS melampaui kebijakan lamanya, yang tidak memperjelas apakah AS akan menanggapi secara militer serangan terhadap Taiwan.



Gedung Putih bersikeras bahwa kebijakan Taiwannya tidak berubah, tetapi China mengatakan pernyataan Biden mengirim sinyal yang salah kepada mereka yang menginginkan Taiwan yang merdeka.

Dalam panggilan telepon dengan Biden pada bulan Juli, pemimpin China, Xi Jinping, memperingatkan tentang permasalahan Taiwan, dengan mengatakan “mereka yang bermain api akan binasa karenanya”.

China melihat Taiwan sebagai salah satu provinsinya. Beijing telah lama berjanji untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya dan tidak mengesampingkan penggunaan kekuatan untuk melakukannya.

Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim kedaulatan China dan mengatakan hanya 23 juta penduduk pulau itu yang dapat memutuskan masa depannya.



(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1862 seconds (0.1#10.140)