NATO Sesumbar Rusia Tak Bisa Menangkan Perang Nuklir

Kamis, 22 September 2022 - 07:11 WIB
loading...
NATO Sesumbar Rusia Tak Bisa Menangkan Perang Nuklir
Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSELS - NATO mengatakan kepada Moskow dengan sangat jelas bahwa Rusia tidak dapat memenangkan perang nuklir.

Tak hanya itu, NATO telah mengumpulkan pasukan di perbatasan timurnya untuk "menghilangkan ruang untuk salah perhitungan atau kesalahpahaman."

Peringatan itu diungkapkan Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg kepada Reuters pada Rabu.

“Ini adalah retorika nuklir yang berbahaya dan sembrono,” ujar dia kepada pemimpin redaksi Reuters Alessandra Galloni di sela-sela Sidang Umum PBB di New York.

Baca juga: Perang Memanas, Rusia Tingkatkan Produksi Perangkat Keras Militer

“Dia tahu betul bahwa perang nuklir tidak boleh diperjuangkan dan tidak dapat dimenangkan dan itu akan memiliki konsekuensi yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi Rusia,” papar dia, merujuk pada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ditanya apa yang akan dilakukan NATO jika Rusia menggunakan senjata atom, Stoltenberg mengatakan itu "tergantung" pada keadaan, tetapi blok itu sangat jelas dalam komunikasi mereka dengan Moskow bahwa, "Perang nuklir tidak dapat dimenangkan oleh Rusia."

Baca juga: Memanas, China Respons Mobilisasi 300 Ribu Pasukan Cadangan Rusia

“Sejauh ini kami tidak melihat adanya perubahan dalam postur nuklir Rusia, tetapi NATO memantau dengan sangat cermat jika itu berubah,” ungkap dia.

Dalam pidato yang disiarkan pada Rabu pagi, Putin menuduh Barat berusaha memecah belah Rusia dan mengatakan Moskow akan menggunakan segala cara yang dimilikinya untuk mempertahankan integritas teritorial negara itu, termasuk penangkal nuklirnya, jika terjadi serangan dengan senjata pemusnah massal. Putin menekankan bahwa dia “tidak menggertak” tentang ini.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0925 seconds (10.55#12.26)